Kumpul Di Manado, 20 Negara Kepulauan Rembuk Bahas Perubahan Iklim

Kumpul di Manado, 20 Negara Kepulauan Rembuk Bahas Perubahan IklimFoto: Dok. Pemprov Sulut

Manado -Sebanyak 20 negara kepulauan berumpul di Manado, Sulawesi Utara, dalam program The Archipelagic and Island States Forum (AIS). Mereka membahas soal mitigasi perubahan iklim di negara kepulauan.

"Forum ini menjadi katalisator bagi pembentukan kolaborasi antar negara kepulauan dan negara pulau dalam menghadapi banyak sekali tantangan dan ancaman, beradaptasi dan meningkatkan ketahanan terhadap efek perubahan iklim," kata Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang menjadi tuan rumah AIS dalam keterangan tertulis, Kamis (1/11/2018).

Ia berharap lembaga AIS sanggup menunjukkan informasi penting bagi seluruh masyarakat Sulut perihal mitigasi perubahan iklim.

"Kegiatan ini akan mengingatkan seluruh masyarakat untuk lebih peduli menjaga lingkungan," ucap Olly.

Olly menjelaskan, di Forum AIS dilakukan penandatanganan akad Deklarasi Manado oleh para pemimpin dan perwakilan yang tergabung dalam The Archipelagic and Island States Forum. Penandatanganan Deklarasi Manado disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.


Dalam kesempatan itu, Luhut mengharapkan Forum AIS sanggup mendorong bisnis dan solusi keuangan untuk mendanai proyek perubahan iklim.

"Forum ini sanggup menjadi ajang membuatkan pengetahuan, mencari solusi cerdas dan kreatif, diperbesar dan diperbanyak untuk dipakai oleh pihak-pihak yang membutuhkan. Saya berharap lembaga ini sanggup mendorong keterlibatan bisnis dan solusi keuangan inovatif untuk mendanai proyek perubahan iklim dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Luhut.

Ia melanjutkan, negara pulau dan kepulauan mempunyai sifat-sifat optimis, adaptif dan inovatif dalam menuntaskan banyak sekali masalah, namun dengan pendekatan yang paling irit biaya.

"Kita harus menjadi Moana, seorang anak wanita yang mempunyai semangat inovatif, dan selalu optimis dalam menuntaskan masalah-masalah yang dihadapinya," imbuhnya.

Di bawah Deklarasi Manado, anggota AIS oke untuk memperkuat komitmen kolaborasi dalam mitigasi perubahan iklim, administrasi bencana, serta bekerja sama dalam menghadapi tantangan dan peluang ekonomi, sampah plastik di laut, sampai tata kelola maritim dan mendorong pengembangan tata kelola kelautan.

Country Director UNDP untuk Indonesia, Christophe Bahuet menyampaikan Forum AIS menunjukkan bantuan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan berkomitmen untuk membantu supaya negara-negara pulau dan kepulauan yang rentan tidak luput dari SDG's.


"Forum AIS inisiatif akan fokus pada solusi pengembangan mudah dan akan membuka peluang gres bagi negara pulau dan kepulauan kecil yang rentan terhadap perubahan iklim untuk menemukan cara inovatif dalam melindungi sumber daya maritim sambil meningkatkan pendapatan mereka," kata Bahuet.

"Pembiayaan inovatif yaitu dimensi penting dari inisiatif dan UNDP Indonesia yang akan membantu para anggota mengakses prosedur gres menyerupai keuangan campuran, keuangan syariah, dan obligasi hijau, untuk proyek-proyek di bawah Forum AIS," kata Bahuet.

Menurutnya, dengan naiknya permukaan maritim akhir pemanasan global, negara-negara pulau dan kepulauan, khususnya yang kecil, merupakan wilayah yang paling rentan terhadap efek perubahan iklim.

Adapun delegasi 20 negara yang hadir antara lain Kuba, Pulau Comoro, Siprus, Fiji, Guinea Bissau, Indonesia, Jamaika, Madagaskar, Selandia Baru, Papua New Guinea, Saint Kitts dan Nevis, Sri Lanka, Seychelles, Singapura, Kepulauan Solomon, Suriname, Timor Leste dan Inggris.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel