Objek Wisata Di Luar Radius 3 Km Dari Puncak Merapi Kondusif Dikunjungi

Objek Wisata di Luar Radius 3 Km dari Puncak Merapi Aman DikunjungiGunung Merapi dari arah Klangon, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)

Yogyakarta -Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan objek wisata di luar radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi kondusif dikunjungi wisatawan.

"Objek wisata di sekitar Gunung Merapi menyerupai daerah Kaliurang, Kaliadem, Klangon, Deles dan daerah lain yang berada di luar radius 3 Km dari puncak kondusif untuk dikunjungi," tutur Kepala BPPTKG, Hanik Humaida dalam keterangannya, Sabtu (1/6/2019).

Sejak memasuki fase pembentukan awan panas mulai 29 Januari 2019, BPPTKG mencatat sudah terjadi 72 kali awan panas di Merapi. Meski terus mengatakan aktivitasnya namun status Merapi belum mengalami perubahan, masih berada di level 'waspada'.


"Status acara (Merapi) masih ditetapkan dalam tingkat waspada dengan rekomendasi di luar radius 3 Km dari puncak masyarakat sanggup beraktivitas menyerupai biasa," paparnya.

Walaupun belum ada perubahan signifikan atas acara Merapi, akan tetapi Hanik mengimbau masyarakat dan pemerintah untuk tetap meragukan banyak sekali kemungkinan bahaya, terutama potensi ancaman di alur Kali Gendol.

"Masyarakat dan pemerintah daerah dimohon mempersiapkan mekanisme penanganan kondisi darurat terhadap acara masyarakat/wisatawan di alur Kali Gendol dan sekitarnya," terangnya.


Tak hanya itu, masyarakat dan wisatawan juga diminta untuk meragukan potensi hujan bubuk di sekitar Merapi. "Masyarakat di sekitar dihimbau untuk mengantisipasi gangguan tanggapan bubuk vulkanik," pungkas Hanik.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel