Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas Dan Guguran Lava

Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas dan Guguran LavaIlustrasi Gunung Merapi (Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Yogyakarta -Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran dini hari tadi. Jarak luncur awan panas sejauh 1.000 meter ke arah hulu Kali Gendol.

"Terjadi awan panas guguran di Gunung #Merapi tanggal 9 Juni 2019 pukul 03.31 WIB. Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 109 detik. Jarak luncur 1000 m ke arah hulu Kali Gendol," tulis Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta pada akun Twitter-nya, Sabtu (9/6/2019).


BPPTKG mencatat, dari pengamatan semenjak Kamis (8/6) pukul 18.00 WIB sampai hari ini pukul 06.00 WIB, terpantau ada 18 kali guguran lava. Jarak luncur guguran tersebut sejauh 400-1.000 meter ke arah hulu Kali Gendol.

"Terpantau dari CCTV 18 kali guguran lava, jarak luncur 400-1.000 m arah hulu kali Gendol," lanjutnya.


Hingga ketika ini, BPPTKG masih tetapkan status Gunung Merapi pada level II atau waspada. Karena itu, untuk sementara, kegiatan pendakian tidak direkomendasikan, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG juga mengimbau warga tidak melaksanakan kegiatan dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Warga juga diimbau untuk mengantisipasi debu vulkanik dan tetap waspada terhadap ancaman lahar, terutama ketika hujan terjadi di Gunung Merapi.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel