Bernostalgia Dengan Wisata Sejarah Di Jember Pakai Angkot

Bernostalgia dengan Wisata Sejarah di Jember Pakai AngkotPara akseptor yang siap menikmati wisata sejarah/Foto: Yakub Mulyono

Jember -Di Jember ada paket wisata murah adalah mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah. Cukup dengan biaya Rp 250 ribu per angkutan umum (angkot), pemudik dapat bernostalgia mengenang saat-saat masih tinggal di Kota Tembakau.

Dengan naik angkot, para akseptor paket wisata akan dibawa mengunjungi Masjid Jami AL Baitul Amin. Itu merupakan masjid di tengah kota dan tertua di Jember.

Lalu ke lokasi Chinatown di sentra kota, Toko Roti Sentral milik legenda pesepak bola Jember, dan juga sejumlah lokasi wisata perkebunan yang dikelola oleh PTPN 11 serta PTPN 12.

"Kami menentukan paket wisata dengan mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah di Jember. Karena bagi kami pemudik yang sudah merantau keluar dari Jember menunjukkan kesan tersendiri. Kalau hanya berkunjung ke lokasi wisata kekinian, juga kan sudah bosan," kata salah seorang akseptor Joko Yuwono, Sabtu (8/6/2019).


Selain itu, Yuwono juga mempunyai alasan lain mengapa begitu menikmati wisata sejarah di Jember. Menurutnya, wisata tersebut menumbuhkan rasa gembira pada kota kelahiran.

"Karena ketika saya masih muda, saya tidak tahu jika Jember ternyata punya lokasi-lokasi bersejarah. Tadi tour guide-nya memberikan informasi ihwal Jember, takjub saya. Apalagi toko roti ini contohnya. Umurnya sudah puluhan tahun. Pemiliknya mantan pemain sepak bola andalan dengan sejuta prestasi," ujarnya.

"Kebetulan kami dalam rangka program reuni SMA. Ikut aktivitas wisata sejarah ini. Kaprikornus dapat semakin mempererat persaudaraan. Juga sambung silaturahmi," imbuhnya.

Di lain pihak Inisiator Paket Wisata Sejarah Hasti Utami memberikan alasan dirinya mengadakan paket wisata tersebut. Paket wisata itu dibutuhkan menjadi pilihan lain bagi pemudik untuk mengisi libur Lebaran.


"Jadi mumpung libur Lebaran, dan juga mereka pemudik ini tiba ke Jember. Kaprikornus biar menggugah rasa kangennya ke sini. Ini kan wisata alternatif, daripada harus berdesak-desakan di lokasi wisata pada umumnya," kata Hasti.

Menurut Hasti, Jember mempunyai banyak lokasi wisata bersejarah. "Sejarahnya Jember itu banyak, apalagi khususnya perkebunan. Kaprikornus Jember itu terbangun dari perkebunan Zaman Belanda. Ini yang khas, dan tidak dimiliki di wilayah lainnya," imbuhnya.

Para akseptor yang ikut paket wisata ini, kata Hasti, juga tidak perlu mengeluarkan biaya besar. "Cukup Rp 250 ribu untuk satu angkot. Di mana satu angkot dapat untuk 10 hingga 20 wisatawan. Kaprikornus dengan biaya tidak hingga Rp 25 ribu per orang, sudah dapat tamasya 2 jam lebih, berkeliling destinasi wisata bersejarah di Jember," pungkasnya.



Tonton video Ribuan Wisatawan ke Kepulauan Seribu, Menhub Cek Aspek Keselamatan:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel