Pemda Diy Gelar Pameran Upacara Adat

Pemda DIY Gelar Festival Upacara AdatFoto: Usman Hadi/detikcom

Yogyakarta -Dinas Kebudayaan (Disbud) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar pameran upacara adab 2019 di Alun-alun Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (30/3) mendatang. Festival ini untuk memperingati 30 tahun jumenengan Sri Sultan HB X.

Kepala Bidang Pelestarian Pengembangan Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY, Eni Lestari Rahayu, menuturkan pameran upacara adab ini akan diikuti lima Kabupaten/Kota di DIY. Masing-masing akan menyajikan satu kesenian dan tradisi.

"Kabupaten Gunungkidul (menyajikan) tradisi adab babad dalan giring, Sleman adab labuhan Merapi, Bantul grebeg bakda mangiran, Kulon Progo upacara adab kuthukan Sunan Geseng, Kota Yogyakarta upacara adab Karangkitri," ujarnya.

Hal itu dijelaskan Eni dalam jumpa pers kegiatan pameran upacara adab 2019 di Kantor Disbud DIY, Rabu (20/3/2019). Festival ini bertema 'keragaman upacara adab di DIY dalam rangka mangayubagya 30 tahun jumenengan Sri Sultan HB X'.

Eni mengatakan, pameran upacara adab tahun ini Istimewa sebab bertepatan dengan mangayubagya 30 tahun jumenengan Sri Sultan HB X, atau 30 tahun naik tahtanya Sri Sultan HB X sebagai Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Turut merayakan naik tahtanya Raja Keraton Yogyakarta Hamengku Buwono X yang ke-30 tahun. Hal ini sesuai dengan semboyan bahwa 'tanta untuk rakyat', yang bertujuan untuk memakmurkan dan kesejahteraan Rakyat Yogyakarta," tuturnya.

"Kemakmuran bukan hanya dalam hal sandang, pangan, dan papan. Akan tetapi juga terhadap nilai, tradisi, maupun kebiasaan yang hidup dan berkembang di masyarakat," pungkas dia.


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel