Kilas Balik Performa Maruf Amin Dan Sandiaga Ketika Debat Perdana

Kilas Balik Performa Maruf Amin dan Sandiaga Saat Debat PerdanaMomen kebersamaan Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)

Jakarta -Calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno akan saling tubruk gagasan dalam debat Pilpres 2019 sesi ketiga yang digelar malam ini. Sebelum mengikuti debat malam ini, keduanya pernah memberikan gagasannya dalam debat perdana yang mengangkat tema hukum, HAM, terorisme, dan korupsi.

Debat perdana tepatnya digelar pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Ma'ruf dan Sandiaga saling menyebarkan tugas dengan calon presiden masing-masing, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto menjawab pertanyaan seputar debat.


Malam nanti, Ma'ruf dan Sandiaga tidak menyebarkan tugas dengan Jokowi dan Prabowo untuk menjawab gosip pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Sebelum debat cawapres digelar, bagaimana performa Ma'ruf dan Sandiaga pada debat perdana?

Ma'ruf Amin

1. Bicara Program Deradikalisasi

Ma'ruf menilai jadwal deradikalisasi harus dilakukan dengan memetakan penyebab masuknya paham radikal. Ia menyebut perlu penanganan berbeda atas paham radikal. Kajian penyebab orang terpapar paham radikal harus dilakukan untuk menyusun penanganan. Jika terpapar alasannya yaitu faktor ekonomi, solusinya yaitu membuat lapangan kerja.

"Caranya apa yang mengakibatkan dia jadi radikal. Kalau alasannya yaitu paham keagamaan yang menyimpang, maka deradikaliasasinya, luruskan paham yang menyimpang itu. Tapi kalau faktor ekonomi atau sosial, pendekatannya yaitu melalui santunan lapangan kerja, santunan," ujar Ma'ruf. Cawapres nomor urut 01 ini kembali menekankan paham yang menyimpang perlu diluruskan lagi

2. Kutip Fatwa MUI soal Terorisme

Ma'ruf yang juga menjabat sebagai Ketum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutip pedoman MUI mengenai terorisme. Ma'ruf menyampaikan penanganan terorisme lewat pencegahan akan dilakukan lewat kontraradikalisme untuk menekan paham-paham radikal dan intoleran.

"Terorisme merupakan kejahatan. Oleh alasannya yaitu itu, terorisme harus diberantas hingga akar-akarnya. MUI mengeluarkan pedoman bahwa terorisme bukan jihad. Oleh alasannya yaitu itu, haram dilakukan, bahkan terorisme dianggap melaksanakan kerusakan. Quran menyatakan orang yang melaksanakan perusakan di bumi harus dieksekusi keras," kata Ma'ruf.

3. Bicara Persamaan Hak Asasi untuk Disabilitas

Ma'ruf memperlihatkan pandangannya mengenai persamaan hak asasi untuk kaum disabilitas. Jawaban ini disampaikan Ma'ruf ketika menanggapi gosip HAM.


"Saya kira penting membangun budaya masyarakat memperlihatkan penghormatan kepada kelompok disabilitas. Disabilitas dan non-disabilitas harus disamakan perlakuannya," ucap Ma'ruf.

4. Dorong Reformasi Hukum Lewat Penataan Regulasi

Ma'ruf menegaskan reformasi di bidang aturan harus dilanjutkan. Ma'ruf baiklah bahwa dihentikan adanya tumpang tindih penegakan hukum.

"Melanjutkan reformasi di bidang hukum, salah satunya penataan regulasi," kata Ma'ruf.

"Dengan menghilangkan tumpang tindih dan membuat regulasi berkualitas yang menuntun dan memudahkan rakyat, itu akan memberi peluang pengembangan UKM," tuturnya.

5. Dukung Pernyataan Jokowi

Di kubu 01, Jokowi lebih tampak mendominasi untuk menjawab pertanyaan ketika debat perdana. Ma'ruf pernah 2 kali diberi kesempatan melengkapi pernyataan Jokowi, namun dijawab dengan singkat.

Jokowi dan Ma'ruf ketika debat perdana, 17 Januari 2019.Jokowi dan Ma'ruf ketika debat perdana, 17 Januari 2019. (Foto: Screenshot detikfoto)

Yang pertama yaitu soal penegakan aturan dan HAM. Ma'ruf dipersilakan melengkapi pernyataan Jokowi.

"Mungkin Pak Kiai sanggup menambahkan," ujar Jokowi mempersilakan Ma'ruf berbicara.

"Cukup," jawab Ma'ruf Amin.

Moderator Ira Koesno mengingatkan kepada pasangan calon nomor urut 01 itu bahwa waktu berbicara masih tersisa. Dua kali Ira Koesno bertanya kepada Jokowi-Ma'ruf soal pemanfaatan waktu tersisa untuk menambahkan pernyataan yang sebelumnya disampaikan Jokowi.

"Saya mendukung pernyataan Pak Jokowi," ujar Ma'ruf.


Sandiaga Uno

1. Janjikan Negara Bebas Korupsi

Sandiaga berbicara soal janji-janji mewujudkan penegakan aturan yang lebih baik. Dia memastikan tak akan ada korupsi lagi di Indonesia kalau terpilih bersama Prabowo.


"Bersama Prabowo-Sandi, insyaallah kita tegakkan hukum, kita pastikan tidak ada korupsi lagi, kita pastikan Indonesia jaya," ujar Sandiaga.

2. Cerita Kriminalisasi Nelayan Najib

Di lembaga debat, Sandiaga bercerita mengenai nelayan berjulukan Najib di Karawang yang dikriminalisasi. Sandiaga memandang aturan hanya tajam kepada orang-orang kecil.

"Bahwa ada kisah pak Najib, seorang nelayan di Pantai Pasir putih, Karawang, dia mengambil pasir untuk menanam mangrove di hutan bakau. Beliau dipersekusi, dikriminalisasi," kata Sandiaga.

Momen Sandiaga pijat Prabowo di debat perdana.Momen Sandiaga pijat Prabowo di debat perdana. (Foto: Rengga Sancaya)

"Banyak kasus persekusi dan kriminalisasi ini tidak terpantau dan hanya kita lihat yang besar-besar saja. Sementara kasus yang berdampak kepada masyasrakat, orang kecil, wong cilik tidak ditangani dengan baik," ujarnya.

Menanggapi Sandiaga, Jokowi menyebut cawapres nomor urut 02 ini melemparkan tuduhan soal kriminalisasi nelayan Najib. "Pak Sandi menuduh lagi. Kalau ada persekusi, simpel sekali. Laporkan. Saya akan tindak tegas pelaku itu," kata Jokowi.

Sandiaga membantah pendapat Jokowi. Menurutnya, yang ia sampaikan yaitu hasil kunjungannya ke lapangan. "Saya tidak menuduh. Yang kami sampaikan yaitu cerita-cerita yang kami sanggup setiap kunjungan ke masyarakat," timpal Sandiaga.

3. 'Kepastian Hukum Perlu untuk Lapangan Pekerjaan'

Sandiaga menyampaikan kepastian aturan akan menuntaskan dilema lapangan pekerjaan. Dia akan mensinkronisasi aturan di sentra dan tempat dengan mengumpulkan para pakar dari banyak sekali universitas.


"Kami juga ingin pastikan bahwa kepastian aturan sanggup menghadirkan peluang untuk berinivestasi, peluang lapangan pekerjaan. Negeri yang kaya ini, negeri yang luar biasa gemah ripah loh jinawi ini masih menyisakan masalah, lapangan kerja susah didapat, peluang perjuangan susah dilakukan masyarakat alasannya yaitu ketidakapstian hukum," sebutnya.

4. Bicara Program untuk Difabel, Sandiaga Cerita soal Zulfan

Sandiaga bicara soal programnya untuk mau difabel. Sandiaga menuturkan perlunya kesetaraan bagi kaum difabel untuk berkarya.

"Zulfan Dewantara yaitu sobat difabel yang kami temui yaitu wangsit Prabowo-Sandiaga. Dia membuat lapangan kerja, mentor bisnis online dan bisnis mempekerjakan ratusan buruh," tuturnya.

"Mereka butuh peluang, lapangan pekerjaan, peluang untuk, hidup lebih baik untuk keluarga yang sejahtera," pungkasnya.

5. Janji Petakan Daerah Berpotensi Terpapar Radikalisme

Sandiaga mengatakan, banyak warga yang masa depannya tidak cerah akhir terpengaruh oleh paham yang tidak jelas. Ia bersama Prabowo akan memetakan daerah-daerah yang berpotensi terpapar paham radikalisme. Dia ingin memastikan masyarakat tidak terjerumus dengan paham radikalisme tersebut.

"Kita harus hadir untuk mereka, untuk memastikan mereka tidak terjerumus kepada terorisme," tuturnya.

6. Singgung Penegakan Hukum Tumpang Tindih

Sandiaga dalam sesi bertanya menyebut kerap mendengar aspirasi soal aturan yang tumpang tindih.

"Bagaimana mengatasi tumpang tindih, pegawanegeri aturan bekerjasama dengan parpol, bagaimana investasi meningkat kalau ada ketidakpastian hukum," kata Sandiaga bertanya kepada paslon nomor urut 01.

Menjawab Sandiaga, Jokowi menegaskan penegak aturan yang harus adil.

"Kita juga akan perbaiki pegawanegeri yang tidak memperlihatkan pengayoman, tidak memperlihatkan proteksi terhadap rakyat, alasannya yaitu berdasarkan saya aturan yaitu bagaimana negara melindungi rakyatnya. Hukum harus sanggup memperlihatkan kepastian kepada investasi dan dunia usaha. Hukum tidak babat pilih, aturan betul-betul sanggup memperlihatkan rasa tenteram kepada rakyat," ujar Jokowi.



Tonton video Ide 'Halal' Sandi di Debat Ketiga: Dari Industri Hingga Ekonomi:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel