Jaladwara Diduga Dari Masa 7 M Ditemukan Di Lereng Merapi

Jaladwara Diduga dari Abad 7 M Ditemukan di Lereng MerapiLumpang kerikil yang ditemukan di Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom

Sleman -
Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta mengamankan dua buah Jaladwara diduga peninggalan peradaban periode 7-8 Masehi. Jaladwara itu sebelumnya berada di pekarangan rumah warga di Dusun Salam RT 02/RW 33, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.
"Dua kerikil Jaladwara di Wukirsari kami amankan Senin kemarin untuk diteliti. Usianya diduga se-zaman dengan candi-candi yang ada di wilayah Sleman, antara periode 7-8," kata Kepala Unit Penyelamatan, Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta, Muhammad Taufik, ketika dihubungi wartawan, Selasa (26/3/2019).
Kedua Jaladwara itu terbuat dari kerikil andesit, berukuran masing-masing tinggi 45 cm, panjang 43 cm, lebar 19 cm dan tinggi 41 cm, panjang 20 cm dan lebar bawah 19 cm. Kepala atau ujung Jaladwara sudah aus, sedangkan jalan air sudah patah.

Dua Jaladwara yang ditemukan di lereng Gunung Merapi. Dua Jaladwara yang ditemukan di lereng Gunung Merapi. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
"Jaladwara bab pancuran air, biasanya terletak di sudut-sudut candi yang bekerjasama pribadi dengan lantai untuk mengalirkan air di lantai candi. Atau sanggup juga ditemukan di pertirtaan," terang Taufik.

Dari pekarangan rumah warga yang berjarak sekitar 12 kilometer dari puncak Gunung Merapi dan berada di pinggir anutan Kali Opak itu, juga terdapat sebuah lumpang batu. Namun tidak diamankan BPCB alasannya yaitu belum ditemukan indikasi bekerjasama dengan Jaladwara.
Pemilik pekarangan, Sukadi (48) mengungkapkan dua Jaladwara dan lumpang kerikil itu sudah usang ada di pekarangan yang terletak di belakang rumahnya. Tak jauh dari lokasi Jaladwara dan lumpang, juga terdapat sebuah mata air.
"Sejak aku kecil sudah ada di pekarangan, tapi tidak tahu itu apa, hanya bentuknya menyerupai reca (arca)," ujarnya.




Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel