Di Kendari, Rommy Minta Mahasiswa Geluti Wirausaha Digital

Di Kendari, Rommy Minta Mahasiswa Geluti Wirausaha DigitalFoto: dok. PPP

Kendari -Anggota Komisi XI dewan perwakilan rakyat RI yang sekaligus Ketua Umum PPP M Romahurmuziy meminta kalangan anak muda, khususnya mahasiswa, mempunyai kemampuan literasi digital. Literasi digital ini bisa menjadi modal mereka untuk berilmu bermedia sosial sekaligus bisa memanfaatkan peluang yang ada di tengah kemajuan dunia digital.

"Saat ini perkembangan dunia digital begitu pesat sehingga sering melahirkan banyak perubahan yang menciptakan banyak orang terkejut, termasuk di dunia ekonomi. Hal ini jugalah yang sering disebut dengan disrupsi ekonomi," kata Rommy ketika memberi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/12/2018).

Rommy menyebut perkembangan dunia digital itu ketika ini sangat akrab dan lekat dengan kalangan muda. Bahkan segala lini kehidupan mereka tidak bisa dipisahkan dari dunia digital. Sebab, terbukti bisa menciptakan kehidupan lebih mudah dan semua pekerjaan bisa lebih otomatis dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

"Digitalisasi mendorong terciptanya jenis pekerjaan gres yang lebih produktif dan lebih besar jumlahnya. Namun digitalisasi juga menciptakan banyak pekerjaan terancam hilang, alasannya ialah diganti dengan robot," kata Rommy.


Karena itu, ia meminta anak muda menggeluti digital entrepreneurship. Karena pada masa masa mendatang orang yang menguasai dunia digital-lah yang akan mempunyai dampak paling besar di dunia. Bahkan pengaruhnya sudah terlihat ketika ini.

"Nantinya 60 persen jabatan di dunia akan memakai otomatisasi. Dan 30 persen jabatan akan digantikan mesin-mesin canggih," kata Rommy.

Anak muda, kata Rommy, tidak bisa hanya menjadi user atau pengguna teknologi, tapi juga perlu menjadikannya sebagai peluang menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Karena itu, perlu ada semangat kewirausahaan (entrepreneurship) dan berani mengambil keputusan untuk memulai sebuah perjuangan yang sebelumnya tidak banyak dipikirkan orang.

Rommy mencontohkan sejumlah startup yang dibangun oleh anak muda Indonesia menyerupai yang bergerak di transportasi online (Go-Jek), e-commerce (Bukalapak, Sale Stock), fintech (Amartha), bahkan dunia pertanian (iGrow).



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel