Beri Motivasi Wirausaha Ke Mahasiswa, Rommy Contohkan Nabi Muhammad

Beri Motivasi Wirausaha ke Mahasiswa, Rommy Contohkan Nabi MuhammadFoto: dok. PPP

Jakarta -Ketua Umum PPP M Romahurmuziy (Rommy) meminta mahasiswa berani berwirausaha sedini mungkin. Ia menyampaikan semakin cepat mereka mencoba, kemungkinan berhasil pun semakin terbuka.

Saat menjadi pembicara di Stadium General yang diadakan Universitas Islam Malang (Unisma), Rommy memperlihatkan pola dari Nabi Muhammad, yang sudah berwirausaha semenjak masih muda. Bahkan ketika berusia 25 tahun, kala meminang istrinya, Khadijah, Nabi Muhammad bisa memperlihatkan mahar 20 ekor unta dan 1,2 kg emas. Contoh tersebut ia sampaikan guna memotivasi ribuan mahasiswa yang hadir dalam program itu.

"Nabi Muhammad SAW maharnya, jikalau dikonversi menjadi rupiah ketika ini, nilainya lebih dari Rp 1,1 miliar. Ini semua merupakan hasil dia sendiri dari berusaha," kata Rommy dalam keterangan tertulis, Senin (17/12/2018).


Sebagai cowok muslim, mahasiswa Unisma juga diminta Rommy berusaha mencontoh Nabi. Para pemuda, lanjutnya, harus termotivasi untuk menjadi kaya ketika mereka akan menikah, sehingga tidak memperlihatkan beban kepada orang bau tanah dan bisa memberi jaminan kepada calon istrinya.

Saat ini, sambung dia, peluang berwirausaha juga cukup besar mengingat perkembangan dunia digital yang semakin pesat. Banyak peluang bisnis yang sebelumnya tak pernah terbayangkan sekarang justru menjadi bisnis yang sangat menggiurkan.

Rommy mencontohkan Go-Jek yang didirikan Nadiem Makarim pada 2013 sekarang memiliki nilai pasar yang lebih besar dibanding Maskapai Garuda Indonesia, yang sudah bangun lebih dari setengah abad.

"Anak-anak muda yang tidak berasal dari keluarga kaya sekarang memiliki peluang yang sama untuk sukses jikalau bisa jeli melihat semua peluang yang ada," tambahnya.

Menurut Rommy, mahasiswa juga harus bisa mengantisipasi perubahan dunia yang disebabkan perkembangan dunia digital. Sebab, banyak profesi yang ketika ini dianggap menjanjikan bisa punah di masa mendatang menyerupai akuntan, pilot, dan lainnya.



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel