Tak Ditemukan Lagi Titik Api, Kebakaran Di Merapi Dinyatakan Padam

Tak Ditemukan Lagi Titik Api, Kebakaran di Merapi Dinyatakan PadamKepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Sleman-Magelang TNGM, Wiryawan. -- Foto: Eko Susanto/detikcom

Kabupaten Magelang -

Titik api yang dilaporkan muncul di lereng Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang dinyatakan padam. Personel adonan tidak menemukan adanya titik api yang tersisa atau susulan.

"Mulai tadi malam jam 23.15 sudah tidak terpantau titik api. Kemudian anggota kami dan juga masyarakat sekitar standby disini (Jurang Jero) untuk memastikan kondisi tersebut," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Sleman-Magelang, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Wiryawan ketika ditemui di Jurang Jero, Srumbung, Kabupaten Magelang, Senin (19/8/2019).

Wiryawan menyebut untuk hari ini hampir 500 orang dari unsur relawan, TNGM, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat menuju Grid 87 C dan 87 D yang dilaporkan muncul titik api pada tadi malam. Bahkan personel adonan juga menggunakan drone untuk membantu memastikan kondisi visual dari atas mengingat lokasi relatif sulit dijangkau dengan jalan darat.
"Dibantu pakai drone dari BPBD juga tidak terpantau. Sejauh ini dinyatakan padam, tapi petugas masih siaga di lapangan," tuturnya.

Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antoro menambahkan, sesudah melangsungkan apel pagi dan gotong royong mengecek di lokasi, personel adonan memang tidak menemukan sisa titik api.

"Setelah kita hingga di target alhamdulillah itu sudah padam. Termasuk kita diperkuat dengan visual drone dari BPBD tidak ditemukan adanya titik api," kata Kukuh.
"Oleh alasannya yaitu itu, tindakan kita bersama semua instansi, semua stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Magelang nanti kita akan melakukan acara lanjutan. Pertama menciptakan posko darurat untuk kebakaran di Jurang Jero ini, termasuk juga kita berencana untuk apel tanggap darurat wacana kebakaran yang direncanakan pada hari Kamis," sambungnya.



Karhutla Tiap Tahun, Moeldoko: Memang Tak Mudah:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel