Setelah Terbakar 13 Jam, Karhutla Di Bukit Pandanan Lombok Padam

Setelah Terbakar 13 Jam, Karhutla di Bukit Pandanan Lombok PadamFoto: KLokasi kebakaran di Bukit Pandanan, Malaka (istimewa)

Dompu -Kebakaran lahan yang terjadi di Bukit Pandanan Lombok Utara, NTB, berhasil dipadamkan oleh petugas. Api mengkremasi lokasi selama 13 jam.

Api yang mulanya muncul di lahan semak belukar Minggu (18/8), sekitar pukul 15.00 Wita tersebut, sempat menciptakan petugas kewalahan. Pasalnya api sempat berhasil dipadamkan satu jam kemudian, namun api muncul lagi pada titik yang berbeda hingga karenanya berhasil dipadamkan pada pukul 1 dini hari tadi.

Pada hari Minggu 18 Agustus 2019 sekitar pukul 15.00 di Dusun Nipah, Lombok Utara telah terjadi kebakaran lahan yang berhasil dipadamkan oleh Satgas Karhutla Polda NTB sekitar pukul 01.00 Wita.

"Lokasi kebakaran merupakan lahan semak belukar ini terjadi di Dusun Nipah tidak jauh beda dengan lokasi kebakaran pada hari Kamis kemudian dimana kondisi masih trend kemarau, angin yang kencang dan terdapat banyak pohon yang kering pada lokasi tersebut," ungkap Kabid Humas Polda NTB, Komisaris Besar Purnama, dalam keterangannya Senin (19/8/2019).



Kebakaran lahan tersebut pertama kali diketahui sehabis adanya gumpalan asap dari Desa Nipah, Pemenang KLU. Api terus membesar dan merembet hampir di seluruh bab bukit.

"Sekitar pukul 16.00 Wita sanggup di padamkan oleh 6 personil Polsek Pemenang, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan memakai alat seadanya sehingga api sanggup di padamkan. Namun Pukul 17.00 Wita api muncul kembali di titik yang berbeda berdekataan dengan lokasi yang pertama dan merambat hingga ke lahan Pandanan," jelasnya.

Dalam proses penanganan Kapolda dan Gubernur NTB turun eksklusif meninjau lokasi dan ikut memperlihatkan instruksi kepada petugas yang memadamkan api.



"Satgas Karhutla NTB dikala ini masih stand by untuk mengantisipasi munculnya titik api kembali, melihat angin berhembus cukup kencang. Diimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya sekitar area biar tidak membuang puntung rokok," imbau Purnama.



Karhutla Tiap Tahun, Moeldoko: Memang Tak Mudah:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel