Kebakaran Hutan Kawah Ijen Tak Ganggu Pendakian

Kebakaran Hutan Kawah Ijen Tak Ganggu PendakianHutan di kawah Ijen terbakar/Foto: Ardian Fanani

Banyuwangi -Pemangku daerah hutan di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen membenarkan sebagian daerahnya terbakar. Kebakaran terjadi pengaruh menjalarnya api dari daerah hutan milik Perhutani yang terbakar.

"Memang benar terjadi kebakaran hutan di puncak Ijen. Tapi tidak di lokasi yang biasa dikunjungi wisatawan," ujar Sigit Haribowo, Kepala Resort TWA Gunung Ijen kepada detikcom ketika dikonfirmasi, Kamis (1/8/2019).

Api muncul dari Petak 80A Perum Perhutani KPH wilayah Ketapang, lalu menjalar ke hutan lindung Perhutani dan masuk ke wilayah Cagar Alam Kawah Ijen Merapi ungup-ungup di sekitar timur laut.

"Hembusan angin dari timur ke barat merembet ke Cagar Alam Kawah Ijen Merapi Ungup-ungup. Api hingga puncak merembet ke barat," katanya.


"Sampai siang hari ini sudah padam. Tapi di sisi sebelah Utara masih menyala," tambahnya.

Sementara terkait luasan lahan yang terbakar, kata Sigit, hingga ketika ini belum terdeteksi. Pihaknya masih melaksanakan pemantauan lokasi mana saja yang terbakar.

"Belum masih kita inventarisir," pungkasnya.

Hutan di sekitar TWA Kawah Ijen terbakar. Kebakaran hutan di wilayah tersebut diketahui oleh beberapa wisatawan yang naik ke puncak Ijen. Kebakaran tersebut tidak mengganggu acara pendakian di puncak Ijen.

TWA Kawah Ijen berada di wilayah perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Destinasi wisata ini merupakan lokasi favorit wisatawan melihat danau kawah hijau tosca dan Blue Fire dari pembakaran uap belerang.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel