Erupsi Tangkuban Bahtera Tak Berbahaya, Tapi...

Erupsi Tangkuban Perahu Tak Berbahaya, Tapi...Foto: Mukhlis Dinillah

Bandung -Erupsi yang terjadi di Gunung Tangkuban Perahu dinilai tidak berbahaya masyarakat sekitar kawasan. Meski begitu akomodasi petunjuk arah penyelamatan dan pengetahuan masyarakat ketika terjadi peristiwa mutlak diperlukan. Sayangnya dikala ini hal itu masih menjadi persoalan.

Hal itu disampaikan mantan Kepala Badan Geologi Surono dalam acara 'Ngobrol Serius Kebencanaan' di Taman Hutan Raya, Kota Bandung, Sabtu (3/8/2019). Mbah Rono sapaannya Surono menyampaikan erupsi Gunung Tangkuban Perahu semenjak era 19 tak pernah berdampak luas.

"Tangkuban bahtera meletusnya ya gitu-gitu saja, mulai era 19, terakhir 2013 letusannya freatik begitu saja. Saya tidak mengkhawatirkan letusan freatik," kata Mbah Rono dalam pemaparannya.

Menurutnya yang harus menjadi perhatian adalah kesadaran pengelola untuk menyediakan akomodasi penunjuk jalur penyelamatan bencana. Hal itu sangat krusial untuk destinasi-destinasi wisata gunung merapi aktif menyerupai Tangkuban Perahu.

Ia menuturkan dalam menghadapi musibah menyerupai erupsi, keselamatan pengunjung atau masyarakat sangat penting. Sehingga, masyarakat yang berada di sekitar lokasi terjadinya peristiwa dapat terhindar dari ancaman.

"Mereka lari memakai mesin (motor dan mobil) ketika peristiwa terjadi. Kalau ada jalur penyelamatan kan terang ketika ada peristiwa harus ke mana. Justru yang ancaman ketika panik, pakai kendaraan bersamaan, dapat menimbulkan kecelakaan mengancam jiwa," tutur dia.

Ia menyampaikan informasi mengenai jalur penyelamatan dapat dilakuan dengan petunjuk arah di lokasi dan melalui website resmi pengelola. Sehingga, bagi pengunjung yang gres mengunjungi Tangkuban Perahu juga dapat mengakses informasi itu.

"Website, petunjuk ada. Biasanya tidak ada petunjuknya. Paling tidak diinformasikan di website. Termasuk juga jikalau sedang tutup informasikan untum tidak datang, kan itu penting," ungkap dia.

Ia juga mengingatkan kepada pemerintah khususnya PVMBG untuk memperlihatkan informasi akurat mengenai status Gunung Tangkuban Perahu. Tujuannya supaya masyarakat tetap waspada bukan untuk menakut-nakuti.

"Intinya harus jujur jikalau meningkat. Bukan untuk menakuti masyarakat, memprovokasi, merugikan siapapun. Kita harus jujur supaya masyarakat waspada," tandas Mbah Rono.




Tonton Video Tangkuban Perahu Erupsi, Jokowi Minta Warga Waspada:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel