Nasdem Puji Gibran Yang Diisukan Cawalkot Solo: Cerdas Dan Santun

NasDem Puji Gibran yang Diisukan Cawalkot Solo: Cerdas dan SantunIrma Suryani Chaniago (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)

Jakarta -
Partai NasDem memuji sosok Gibran Rakabuming Raka yang diisukan maju sebagai calon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2020. NasDem pun menyebut siap mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu jikalau dikehendaki masyarakat Solo.

"Gibran anak muda yang cerdas dan santun. Jika warga Solo mendukung dan elektabilitas Gibran bagus, niscaya NasDem mendukung," kata Ketua DPP NasDem Irma Surya Chaniago kepada wartawan, Minggu (28/7/2019).


Irma menjelaskan, NasDem niscaya akan memperlihatkan derma kepada calon yang mempunyai tingkat keterpilihan atau elektabilitas yang tinggi. Menurut dia, elektabilitas merupakan faktor penting bagi partai dalam menentukan dukungan.

"Karena syarat derma NasDem yang pertama yaitu elektabilitas, sehabis itu gres kapasitas dan akuntabilitas," jelasnya.


"Kenapa syarat utama elektabilitas? Karena jikalau elektabilitas Gibran tinggi, berarti memang yang bersangkutan didukung oleh masyarakat. Nah, NasDem niscaya menentukan atau mendukung calon yang didukung rakyat," imbuh Irma.

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta merilis hasil surveinya terkait bursa calon Wali Kota Solo. Gibran dan Kaesang bersaing dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dan Ketua DPRD Surakarta Teguh Prakosa.

Dalam hal elektabilitas, Achmad Purnomo mendapat 38 persen, Gibran mendapat 13 persen, Teguh Prakosa mendapat 11 persen. Sedangkan Kaesang hanya 1 persen.


Menanggapi hal itu, Gibran mengaku belum memikirkan peluang untuk berkarir di dunia politik. Ia menyebut dirinya fokus membuatkan bisnis.

"Seperti teman-teman media yang mungkin follow socmed saya udah tahu sendiri lah saya masih melaksanakan aktivitas-aktivitas yang sama, masih fokus bisnis, masih fokus perluasan sama Kaesang," kata Gibran, Minggu (28/7).


Sementara itu, Jokowi mengaku sampai sekarang belum ada partai politik yang berkomunikasi dengan beliau terkait peluang pencalonan anak laki-lakinya itu. Ia pun menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran soal apakah akan maju atau tidak sebagai calon Wali Kota Solo di Pilkada 2020.

"Belum, belum, belum (belum ada komunikasi)," ujar Jokowi, Minggu (28/7).



Simak Juga 'Respons Jokowi soal Gibran Masuk Bursa Cawalkot':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel