Isu Gibran Jadi Cawalkot Solo 2020, Gerindra Prioritaskan Kader Sendiri

Isu Gibran Makara Cawalkot Solo 2020, Gerindra Prioritaskan Kader SendiriFoto: Habiburokhman (Dok Pribadi)

Jakarta -Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, diisukan maju sebagai calon Wali Kota Solo di Pilkada 2020. Apakah Gerindra tertarik mengusung Gibran di Solo?

"Kami memprioritaskan kader untuk maju, tetapi tentu harus lihat perolehan dingklik di DPRD," kata Ketua DPP Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (28/7/2019).


Kendati demikian, Habiburokhman menegaskan Gerindra belum membahas agenda Pilkada 2020. Ia menyampaikan proses pengusulan calon kepala tempat tiba dari DPC/DPD untuk lalu dibahas DPP Gerindra.

"Sampi ketika ini, kami belum bahas agenda pilkada. Ada prosedur pengusulan cakada, biasanya DPC dan DPD usikan tawaran lalu dianalisis oleh DPP, penentuan terakhir ada di tangan pilkada," ucapnya.


Sementara itu, terkait pernyataan Waketum Gerindra Arief Poyuono yang mendukung Gibran memimpin Solo, Habiburokhman menyampaikan hal itu merupakan pendapat pribadi. Dia enggan mengomentari lebih jauh.

"Pendapat langsung silakan saja, nanti kan ada yang menilai," ujar Habiburokhman.

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta merilis hasil surveinya terkait bursa calon Wali Kota Solo. Gibran dan Kaesang bersaing dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dan Ketua DPRD Surakarta Teguh Prakosa.


Dalam hal elektabilitas, Achmad Purnomo mendapat 38 persen, Gibran mendapat 13 persen, Teguh Prakosa mendapat 11 persen. Sedangkan Kaesang hanya 1 persen.

Menanggapi hal itu, Gibran mengaku belum memikirkan peluang untuk berkarir di dunia politik. Ia menyebut dirinya fokus menyebarkan bisnis.

"Seperti teman-teman media yang mungkin follow sosmed saya udah tahu sendiri lah saya masih melaksanakan aktivitas-aktivitas yang sama, masih fokus bisnis, masih fokus perluasan sama Kaesang," kata Gibran, Minggu (28/7).


Sementara itu, Jokowi mengaku sampai sekarang belum ada partai politik yang berkomunikasi dengan beliau terkait peluang pencalonan anak laki-lakinya itu. Ia pun menyerahkan sepenuhnya kepada Gibran soal apakah akan maju atau tidak sebagai calon Wali Kota Solo di Pilkada 2020.

"Belum, belum, belum (belum ada komunikasi)," ujar Jokowi, Minggu (28/7).


Simak Juga 'Respon Jokowi Soal Gibran Masuk Bursa Cawalkot':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel