Indonesia Pastikan Ikut Pacific Exposition 2019

Indonesia Pastikan Ikut Pacific Exposition 2019Foto: Dubes RI untuk New Zealand, Tantowi Yahya. (Zakia-detikcom)

Jakarta -Indonesia menjadi salah satu negara yang memastikan diri ikut dalam gelaran Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru. Pacific Exposition sendiri merupakan ekspo dagang, investasi dan pariwisata untuk negara-negara di Pasifik.

Pacific Exposition 2019 digelar pada 11-14 Juli di Skycity Auckland Convention Centre. Dubes Ri untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya menjadi ketua panitia program tersebut.

"Pacific Exposition ialah manifestasi dari harapan kita untuk meningkatkan presensi Indonesia di daerah yang selama ini belum mendapat perhatian penuh," kata Tantowi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/6/2019).




Selain Indonesia, ada 19 negara yang menyatakan siap mengikuti Pacific Exposition 2019. Negara-negara dimaksud di antaranya Australia, Caledonia Baru, Cook Islands, Federated States of Micronesia, Fiji, French Polynesia, Kiribati, Marshall Islands, Nauru, Nieu, Palau, Papua Nugini, Samoa, Selandia Baru, Solomon Islands, Timor Leste dan Tuvalu.

Berbagai produk dan peluang investasi serta keelokan masing-masing negara akan dipamerkan dalam acara tersebut. Berbagai atraksi dan pertunjukan yang akan digelar sepanjang program dengan ditargetkan paling sedikit 5000 pengunjung.

"Indonesia dalam expo ini akan diwakili oleh 5 provinsi kita di Pasifik yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT. Identitas kepasifikan Indonesia akan ditonjolkan. Itulah mengapa ke lima provinsi tersebut yang dipilih untuk mewakili Indonesia," papar Tantowi.




Selain pameran, Pacific Exposition akan dibarengi dengan lembaga bisnis berupa seminar perdagangan dan investasi yang akan membahas mengenai kebijakan, peluang dan insentif di masing-masing negara. Forum ini dikordinir oleh Kadin dan didukung oleh BKPM.

"Ketua Kadin, Rosan Roslani dan Kepala BKPM, Thomas Lembong akan hadir dan menjadi pembicara kunci dalam Forum bisnis dan Investasi tersebut," ujar Tantowi.

Rangkaian program di Pasific Exposition 2019 akan diawali dengan Tourism Forum pada tanggal 11 Juli berupa seminar pariwisata dengan tema besar 'Menuju Pasar Tunggal Pasifik' yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata Indonesia. Menteri Arief Yahya akan tampil sebagai Pembicara Kunci.

"Dalam Forum ini akan dibahas mengenai inisiatif Indonesia untuk mengintegrasikan negara-negara di Pasifik menjadi destinasi tunggal," ucap Tantowi.

Simak Video "Cuitan Para Pemimpin Dunia soal Penembakan di New Zealand"
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel