Yusuf Fahlevi, Anak Rantau Yang Kuliah Gratis Berkat Hafal Alquran

Yusuf Fahlevi, Anak Rantau yang Kuliah Gratis Berkat Hafal AlquranYusuf Fahlevi, anak rantau yang dapat kuliah gratis berkat hafal Alquran (Foto: dok. PPPA Daarul Qur'an)

Jakarta -

Ada yang unik dari dongeng Yusuf Fahlevi (20). Mahasiswa semester enam jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) ini merantau seorang diri dari Padang demi melanjutkan pendidikannya.

Bagi alumni SMAN 1 Padang Panjang ini, melanjutkan sekolah jauh dari orang tuanya yang bekerja sebagai pedagang perabot rumah tangga dan berbeda pulau bukanlah hal yang mudah.

Banyak tantangan yang ia harus hadapi dikala menimba ilmu di tanah Jawa. Mulai dari perbedaan budaya sampai permasalahan biaya pendidikan dan biaya hidup. Yusuf sudah membayangkan biaya besar yang harus ia keluarkan kalau ia mengambil kesempatan untuk berkuliah. Mulai dari biaya kuliah, kos, makan sehari-hari, ongkos, sampai buku.

Maka ia bersiteguh untuk mencari peluang bisnis demi meringankan beban orang tua. Bertemulah Yusuf dengan PPPA Daarul Qur'an yang mengatakan beasiswa pendidikan bagi para penghafal Alquran.

Yusuf memang merupakan seorang penghafal Alquran. Ia telah mempunyai modal hafalan sebanyak delapan juz sebelum ia bergabung dengan agenda Beasiswa Tahfizh Qur'an (BTQ) for Leaders.

Kala itu, ia harus mengikuti serangkaian proses penyaringan sampai risikonya lolos dan menjadi salah satu akseptor manfaatnya. Selama mengikuti program, Yusuf tak hanya mendapat pemberian finansial. Namun juga dididik biar kelak dapat menjadi pemimpin yang berkarakter Alquran.

Kini Yusuf telah menuntaskan 30 juz hafalannya. Makin membanggakan, IPK-nya juga diatas angka tiga koma. Namun Yusuf masih harus menuntaskan kuliah dan kiprah pengabdiannya sebagai syarat bagi akseptor beasiswa selama setahun sehabis ia lulus kuliah.

"Beasiswa ini sangat berkhasiat bagi aku alasannya yakni bukan saja mengatakan akomodasi bagi para penghafal Alquran. Namun juga mendidik penerimanya biar mempunyai abjad pemimpin yang berlandaskan Alquran," katanya.

Tak hanya Yusuf, masih ada banyak mahasiswa-mahasiswi lainnya yang juga menjadi akseptor manfaatnya. Anda dapat turut serta mendukung agenda Beasiswa Tahfidz Alquran For Leaders melalui rekening BCA 603 030 8041 an Yayasan Daarul Alquran Nusantara atau klik link ini.

Melalui agenda beasiswa ini, Daarul Qur'an berikhtiar menyiapkan generasi gres dan calon pemimpin masa depan yang Alquran ada di dalam setiap helaan nafasnya.



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel