Sore Ini Merapi Keluarkan Awan Panas Lagi

Sore Ini Merapi Keluarkan Awan Panas LagiFoto: FOTO/Aloysius Jarot Nugroho.

Yogyakarta -Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran siang ini sekitar pukul 14.46 WIB. Awan panasnya berdurasi sekitar 100 detik dengan jarak luncur satu kilometer mengarah ke hulu Kali Gendol.

"Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi pada pukul 14.46 WIB, durasi 100 detik, jarak luncur 1.000 meter ke arah hulu Kali Gendol," terang Kepala BPPTKG, Hanik Humaida dalam keterangannya, Selasa (9/4/2019).

Merapi belakangan memang kerap mengeluarkan awan panas guguran dan guguran lava. Berdasarkan cacatan BPPTKG, Senin kemarin terjadi enam kali guguran lava dengan jarak luncur antara 300-1.000 meter.

Terkait kegiatan Gunung Merapi ini, BPPTKG sudah mengeluarkan sejumlah rekomendasi. Di antaranya meminta jarak tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi semoga dikosongkan dari kegiatan penduduk.


"Masyarakat, khususnya yang berada di Kawasan Rawan Bencana III diimbau untuk tetap hening dan beraktivitas menyerupai biasa, serta selalu mengikuti informasi (terkait) kegiatan Merapi," ujarnya.

"Pemerintah tempat dan masyarakat semoga mengantisipasi ancaman bubuk vulkanik. Masyarakat semoga (turut) meragukan ancaman lahar terutama ketika terjadi hujan di seputar Gunung Merapi," tutupnya.



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel