Merapi Luncurkan Awan Panas Pagi Ini, Jarak Luncurnya 850 Meter

Merapi Luncurkan Awan Panas Pagi Ini, Jarak Luncurnya 850 MeterGunung Merapi dari obyek wisata Klangon, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, (27/1/2019). Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

Yogyakarta -Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pagi ini sekitar pukul 09.53 WIB. Awan panas gugurannya berlangsung 85 detik dengan jarak luncur mencapai 850 meter mengarah ke hulu Kali Gendol.

Akun twitter resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, @BPPTKG mengunggah insiden ini.

"Terjadi awanpanas guguran di G. #Merapi pada tanggal 26/04/2019 pukul 09.53 WIB, durasi 85 detik, jarak luncur 850 m ke arah hulu Kali Gendol," tulis @BPPTKG dalam unggahannya menyerupai dilihat detikcom, Jumat (26/4/2019).


Sementara Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida, dalam keterangan tertulisnya menunjukan sampai sekarang status Gunung Merapi belum berubah, masih berada di level II atau waspada.

"Masyarakat khususnya yang berada di Kawasan Rawan Bencana III diimbau untuk tetap hening dan beraktivitas menyerupai biasa serta selalu mengikuti informasi acara Merapi," tutur Hanik.

"Radius 3 km dari puncak G. Merapi biar dikosongkan dari acara penduduk. Pemerintah kawasan dan masyarakat biar mengantisipasi ancaman bubuk vulkanik dan mencurigai ancaman lahar," tutupnya.


Simak Juga 'Ronda Malam Bareng Warga DIY Memantau Aktivitas Gunung Merapi':


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel