Sutopo: Energi Magma Merapi Kali Ini Tak Besar, Warga Jangan Panik

Sutopo: Energi Magma Merapi Kali Ini Tak Besar, Warga Jangan PanikSutopo Purwo Nugroho (Foto: Angling AP/detikcom)
Semarang -Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengimbau masyarakat tidak tergoda hoaks soal erupsi Gunung Merapi. Sutopo meminta biar mengacu informasi di BPPTGK atau BPBD.

Sutopo menyampaikan hari ini sempat tersebar foto erupsi vertikal dari Gunung Merapi. BPPTKG sudah eksklusif menawarkan penjelasan jikalau informasi tersebut tidak benar.

"Tadi ada menyebar hoaks foto erupsi besar vertikal dan BPPTKG sudah katakan itu hoaks. Masyarakat diminta utuk merujuk ke BPPTKG atau BPBD," kata Sutopo ketika bersilaturahmi di Kantor Pemprov Jawa Tengah, Rabu (6/3/2019).


Sutopo menjelaskan, ketika ini status Gunung Merapi yakni level II dalam radius 3 km. Status itu tidak dapat tiba-tiba bermetamorfosis level awas, lantaran ada tahapannya. Instrumen pemantau di sana pun cukup lengkap.

"Jadi acara suatu gunung itu tidak satu ketika meletus, gunung itu tipenya termasuk slow on set. Makara apalagi di Gunung Merapi, instrumentasi untuk memantau Gunung Merapi itu termasuk yang paling elok dan lengkap di Indonesia," jelasnya.


Selain itu 4 Kabupaten yang mengelilingi Merapi juga sudah cukup siap untuk menghadapi bencana. Oleh alasannya itu masyarakat diminta damai dan tidak panik.

"Kalau kita melihat hingga ketika ini, energi dari magma yang ada di dapur magma juga tidak terlalu besar, sehingga proses keluarannya juga pelan-pelan," pungkas Sutopo.



Simak juga video Ronda Malam Bareng Warga DIY Memantau Aktivitas Gunung Merapi:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel