Merapi Luncurkan Awan Panas Pagi Tadi, Hujan Bubuk Tipis Landa Boyolali

Merapi Luncurkan Awan Panas Pagi Tadi, Hujan Abu Tipis Landa BoyolaliGunung Merapi dari obyek wisata Klangon, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, (27/1/2019). Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

Boyolali -Gunung Merapi dari pagi siang hari ini terjadi beberapa kali awan panas guguran. Peristiwa itu menjadikan terjadinya hujan bubuk yang mengguyur wilayah Kecamatan Musuk dan Cepogo, Boyolali.

"Iya (hujan bubuk tipis), sekitar jam 11.30 WIB tadi," kata Suwarnu, warga Dukuh Rejosari, Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Boyolali Senin (25/3/2019).

Namun hujan bubuk yang turun sangat tipis. Abu itu terlihat berupa bintik-bintik putih melekat pada dedauan maupun di media lain yang ada di daerah terbuka.

Abu itu, terang dia, pribadi hilang alasannya yaitu tak usang lalu turun hujan.

"Ini habis hujan, jadi terus hilang (abunya)," ucapnya.


Hal senada disampaikan Widianto, warga Dukuh Songgobumi, Desa Mriyan, Kecamatan Tamansari, Boyolali. Di daerahnya juga duguyur hujan abu, imbas kegiatan Gunung Merapi.

"Hujan bubuk tipis," imbuh dia.

Trisnawan, warga Cepogo, Boyolali juga mengungkapkan jikalau di wilayah desanya juga terjadi hujan abu. Tetapi sangat tipis. Hujan bubuk berlangsung antara sekitar pukul 11.00 hingga 12.00 WIB.

"Di sini hujan abunya tipis banget. Tadi antara jam 11.00 hingga jam 12-an. Sekarang sudah tidak (hujan bubuk lagi)," terang Trisnawan.


Hujan bubuk juga tidak hingga mengganggu kegiatan warga di lereng Gunung Merapi sisi timur tersebut. Mereka tetap beraktivitas normal menyerupai hari-hari biasanya.

Sementara itu menurut keterangan di akun resmi twiiter @BPPTKG, awan panas guguran terjadi beberapa kali hari ini. Antara lain terjadi pukul 04.24 WIB, pukul 06.17 WIB. Kemudian pukul 08.58 WIB, pukul 10.52 WIB, dan pukul 12.14 WIB.

"Awanpanas guguran terjadi kembali pada pukul 10:52 WIB dengan durasi 107 detik. Awan panas guguran tdk terpantau scr visual alasannya yaitu cuaca berkabut. Awan panas yang terjadi msh dlm jarak <3 km.="" masyarakat="" diimbau="" untuk="" tetap="" tenang.="" #statuswaspada="" sejak="" 21="" mei="" 2018,"="" tulis="" akun="" twitter="" @bpptkg="" seperti="" dilihat="" detikcom,="" senin="" (25/3).="">

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel