Hari Ini, Merapi 2 Kali Luncurkan Awan Panas

Hari Ini, Merapi 2 Kali Luncurkan Awan PanasFoto: FOTO/Aloysius Jarot Nugroho.

Yogyakarta -Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat sudah dua kali Gunung Merapi mengeluarkan awan panas guguran hari ini. Terakhir awan panas terjadi pukul 11.59 WIB.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, menjelaskan awan panas guguran yang terjadi siang ini berdurasi 30 detik. Namun awan panas gugurannya tidak terpantau CCTV di Puncak Merapi, alasannya ialah cuaca di Puncak berkabut dan mendung.

"(Awan panas guguran terjadi) pukul 11.59 dengan durasi 30 detik. Awan panas guguran tidak terpantau secara visual alasannya ialah cuaca berkabut dan mendung," terang Hanik dalam keterangannya, Minggu (17/3/2019).

Sebelum ini, awan panas guguran juga terjadi pada pukul 08.16 WIB. Awan panas tersebut berdurasi 105 detik. Namun lagi-lagi CCTV di Puncak Merapi tidak memantau secara sempurna, alasannya ialah cuaca di Puncak sedang berkabut.

Terkait acara Merapi, Hanik meminta masyarakat untuk tetap tenang. Status Merapi juga belum berubah yakni berada di level II atau waspada. Hanya saja warga yang berada di sekitar Kali Gendol meningkatkan kewaspadaan.

"Berhubung sudah terjadi beberapa kali awan panas guguran yang jarak luncurnya semakin jauh, masyarakat yang tinggal di alur Kali Gendol dimohon meningkatkan kewaspadaan terhadap acara Gunung Merapi," imbaunya.

"Masyarakat (juga diminta) supaya meragukan ancaman lahar terutama dikala terjadi hujan di sekitar Puncak Gunung Merapi. Jika terjadi perubahan acara Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali," pungkas Hanik.




Tonton juga video Ronda Malam Bareng Warga DIY Memantau Aktivitas Gunung Merapi:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel