Gunung Merapi 3 Kali Gugurkan Lava Ke Arah Hulu Kali Gendol

Gunung Merapi 3 Kali Gugurkan Lava ke Arah Hulu Kali GendolFoto ilustrasi merapi: dok istimewa/Instagram/@merapi_news.

Jakarta -Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava hari ini. Terhitung semenjak sore kemarin sampai pagi ini sudah tiga kali gunung itu mengeluarkan lava.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaksanakan pengamatan semenjak Selasa (26/3) pukul 18.00 WIB sampai Rabu (27/3/2019) pukul 06.00 WIB. CCTV memantau ada tiga kali guguran lava.

"Terpantau dari CCTV 3 kali guguran lava dgn jarak luncur 750-900 m arah hulu kali Gendol," demikian keterangan BPPTKG lewat akun Twitter-nya ibarat dilihat detikcom.



Status Merapi sampai ketika ini masih waspada, semenjak 21 Mei 2018 lalu. Hingga ketika ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai insiden ini.

Berikut rekomendasi dari Kementerian ESDM:
1.Kegiatan pendakian G. Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

2. Radius 3 km dari puncak G.Merapi biar dikosongkan dari aktifitas penduduk.

3. Masyarakat yg tinggal di KRB III mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktifitas G. Merapi.

4. Jika terjadi perubahan aktifitas G.Merapi akan segera ditinjau kembali.

5. Masyarakat biar tidak terpancing informasi isu mengenai erupsi G.Merapi yg tidak terang sumbernya dan tetap mengikuti instruksi pegawapemerintah pemerintah tempat atau menanyakan pribadi ke Pos Pengamatan G.Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 Mhz.melalui Website www.merapi.bgl.esdm.go.id media umum BPPTKG atau ke kantor BPPTKG Jalan Cendana no 15 Yogyakarta telepon (0274)514180-514192 6. Pemerintah tempat direkomendasikan untuk mensosialisasikan kondisi G.Merapi ketika ini.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel