Wna Nyelonong Ke Anak Krakatau, Tubuh Geologi: Kami Tak Pernah Beri Izin

WNA Nyelonong ke Anak Krakatau, Badan Geologi: Kami Tak Pernah Beri IzinFoto: Arief/detikcom

Jakarta -Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan tak pernah memberi izin pendakian ke Gunung Anak Krakatau. Apalagi ketika ini sudah ada imbauan larangan mendekat ke gunung tersebut di luar radius 5 kilometer.

"Kami tidak pernah menawarkan izin untuk pendakian. Jangankan yang di Krakatau... Gunung Agung, Gunung Merapi yang sedang aktif, kita selalu setiap pagi menawarkan info untuk dilarang lakukan pendakian di radius sekian," kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Suhendar di Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).


Pernyataan Rudy itu menjawab terkait adanya WNA yang nyelonong ke Gunung Anak Krakatau. Dia menyampaikan seharusnya ada eksekusi bagi siapa pun yang masuk ke kawasan terlarang gunung tersebut.

Badan Geologi, kata Rudy, sedang mencari siapa pengantar dan pemberi izin WNA mendekat ke Gunung Anak Krakatau.

"Ya harusnya, kita lagi kajian dari sisi kami. Kalau ada apa-apa kan yang ikut tanggung jawab semuanya. Pemerintah kan, apalagi ini orang asing, pemerintah ikut tanggung jawab jikalau ada apa-apa. Ini kami lagi telusuri dengan teman-teman agen aturan kami. Belum ketemu ini," jelasnya.


Soal WNA yang nyelonong ke kawasan terlarang Gunung Anak Krakatau ini viral di media sosial. WNA tersebut sempat mengunggah foto-foto kondisi terbaru Gunung Anak Krakatau dari jarak dekat. Tapi sehabis unggahannya tersebar, foto dan akun Twitter-nya hilang.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel