Sandiaga Kenang Sosok Eka Tjipta Widjaja: Ia Berjuang Dari Perjuangan Kecil

Sandiaga Kenang Sosok Eka Tjipta Widjaja: Beliau Berjuang dari Usaha KecilFoto: Sandiaga Uno (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Jakarta -Cawapres Sandiaga Uno berbicara soal sosok pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja. Menurut Sandiaga, laki-laki yang meninggal di usia 98 tahun itu yaitu sosok yang luar biasa.

"Saya berduka cita dan berbelasungkawa kepergian Pak Eka. Beliau yaitu salah satu pengusaha yang betul-betul berjuang dari perjuangan kecil hingga menjadi salah satu yang terbesar di Asia," ujar Sandiaga, ketika melayat di Rumah Duka Sentosa di Kompleks RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (27/1/2019).


Sandiaga pun terkenang akan nasihat-nasihat yang diberikan Eka Tjipta di awal karirnya sebagai pengusaha. Saat itu, Eka Tjipta menyampaikan dalam berbisnis butuh kerja keras dan networking.

"Kalau bisnis mau besar itu harus kerja keras dan networking atau berjejaring, banyak teman, silaturahmi, banyak sahabat banyak rezeki," katanya.

Eks Wagub DKI Jakarta itu mengaku selalu meminta hikmah kepada Eka Tjipta semasa sang pengusaha hidup. Misalnya, kala dirinya diangkat sebagai Ketua Umum Hipmi.

"Saya waktu diangkat pertama kali sebagai Ketum Hipmi berkunjung ke dia sekitar 12-13 tahun kemudian dan dia sampaikan bisnis selain buka peluang perjuangan tapi pertemanan. Beliau berdiri jejaring tak hanya di Indonesia tapi juga China, Hongkong dan kita lihat bagaimana perluasan bisnis Sinar Mas yaitu hasil kepemimpinan beliau. Sekarang sudah dikerjakan generasi kedua, Sinar Mas terus bertumbuh," tutur Sandiaga.


Sandiaga pun mengaku sangat kehilangan sosok Eka Tjipta. Dia berharap, apa yang dirintis oleh Eka Tjipta sanggup dilanjutkan.

"Mudah-mudahan apa yang dirintis terus menjadi kawan pemerintah Indonesia membuka lapangan kerja seluasnya, butuh dunia perjuangan yang kuat, dunia perjuangan yang berpengaruh perlu ditopang kebijakan-kebijakan pemerintah yang pro terhadap penciptaan lapangan kerja yang gres dan berkualitas. Ini yang kami yakini sebagai hal penting yang kita serap dari wangsit tokoh Pak Eka," katanya.

Eka Tjipta Widjaja tutup usia di 98 tahun pada Sabtu malam (26/1). Eka rencananya akan dimakamkan pada tanggal 2 Februari 2019 di Karawang.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel