Hujan Bubuk Guyur Lereng Gunung Merapi Sisi Timur

Hujan Abu Guyur Lereng Gunung Merapi Sisi TimurPenampakan debu merapi di dedaunan (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)

Boyolali -Hujan debu tipis melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Musuk, Boyolali. Hujan debu tersebut diperkirakan dari acara Gunung Merapi yang terjadi tadi pagi.

"Tadi pagi sekitar pukul 06.00 WIB, saya dengar bunyi gemuruh dari Merapi, saya tengok tapi tertutup kabut," kata Sukasno, warga Dukuh Banjarejo, Desa Mriyan, Kecamatan Musuk, Boyolali, Kamis (17/1/2019).

Hujan debu tipis tersebut antara lain melanda wilayah Desa Mriyan, Sruni, Cluntang dan Ringinlarik. "Desa Karangkendal informasinya juga (hujan abu)," imbuh Sukasno yang juga anggota relawan Kecamatan Musuk.

Senada Widianto, warga Dukuh Songgobumi, Desa Mriyan, menyampaikan wilayah kampungnya juga terjadi hujan debu tadi pagi. Abu itu melekat di pada daun-daun. "Iya (hujan abu), tapi tipis," jelasnya.


Sartono, warga Dukuh Mlambong, Desa Sruni, menyampaikan hujan debu di daerahnya terjadi sekitar pukul 06.30 WIB. Dia mengaku, meski sangat tipis namun tadi pagi kelihatan kalau terjadi hujan abu.
Hujan Abu Guyur di Lereng Gunung Merapi Sisi TimurPenampakan debu merapi di dedaunan (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)

Hujan debu terlihat di dedauan terdapat bintik-bintik putih. Ketika diraba, terasa agresif menyerupai pasir sangat halus. Namun demikian, hujan debu tipis ini tidak berdampak pada acara masyarakat. Warga di lereng Gunung Merapi sisi timur ini tetap beraktivitas normal, melaksanakan kegiatan rutinnya sehari-hari.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo, dikonfirmasi membenarkan terjadinya hujan debu di wilayah Kecamatan Musuk. Namun debu yang turun sangat tipis.


Pihaknya mengaku sudah turun ke lapangan untuk mengecek. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk damai dan mengikuti aba-aba pemerintah.

Cuaca di lokasi ketika ini dilaporkan mendung dan mulai turun hujan di beberapa bagian.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel