Gunung Merapi Kembali Luncurkan Lava Pijar

Gunung Merapi kembali Luncurkan Lava PijarFoto: Istimewa/detikcom

Yogyakarta -Gunung Merapi terus melaksanakan aktivitasnya. Petang tadi terjadi guguran lava pijar di puncak Gunung Merapi sekitar pukul 18.38 WIB. Guguran lava pijar itu tergolong kecil.

"Iya (ada guguran lava pijar)," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida dikala dikonfirmasi, Kamis (10/1/2019).

Dijelaskannya, guguran lava pijar yang terjadi petang tadi masih tergolong kecil. Dia memastikan guguran lava pijar tersebut tidak membahayakan warga alasannya skalanya masih kecil.

"mudah-mudahan aman. Kaprikornus hingga dikala ini tidak ada perubahan signifikan dari aktivitasnya. Semua parameter belum mengatakan (aktivitas) yang signifikan," tuturnya

Adapun guguran lava pijar di puncak Merapi, kata Hanik, ialah fenomena biasa. Lava pijar itu muncul alasannya adanya acara pertumbuhan kubah lava di puncak Merapi.

"Iya, alasannya memang masih ada suplai magma, masih ada ya akan begitu. Pertumbuhan kubah lava masih terjadi ya akan terjadi guguran-guguran ibarat itu," ungkapnya.

Status Gunung Merapi hingga dikala ini belum mengalami perubahan, masih berada di level II atau waspada. Rekomendasi yang dikeluarkan BPPTKG masih sama.

"Misalnya hingga jarak 3 kilometer (dari puncak harus steril dari acara manusia). Ya artinya itu kondusif hingga jarak 3 kilometer, jikalau ke atas ya bahaya," pungkas dia.



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel