10 Hari Ke Depan Jakarta Akan Alami Curah Hujan Tinggi

10 Hari ke Depan Jakarta akan Alami Curah Hujan TinggiPakar hidrometeorologi Armi Sudayana. (Matius Alfons/detikcom)

Jakarta -Jakarta akan mengalami curah hujan tinggi pada awal Februari ini. Pakar hidrometeorologi Armi Sudayana memperkirakan curah hujan tinggi akan mengguyur Ibu Kota selama 10 hari.

"Pertama, kawasan Jakarta merupakan kawasan yang akan berpotensi hujan tinggi pada bulan Februari, 10 hari pertama tanggal 1-10 Februari," kata Armi kepada wartawan dikala konferensi pers di aula gedung BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (31/1/2019).



Menurut Armi, Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas 30-55 milimeter (mm). Armi meminta warga Jakarta tetap waspada.

"Curah hujan 30-50 mm per hari untuk 10 hari pertama bulan Februari. Nah, ini waspada sebenarnya. Harapan kita, 10 hari ini tidak ditumpuk 1 hari, tapi dibagi-bagi. Tapi kita nggak tahu alasannya itu alam," ucap Armi.

Tak hanya untuk warga Jakarta. Armi juga mengimbau Pemprov DKI menyiapkan alat-alat untuk mengantisipasi genangan dan banjir.



"Saluran, pompa harus baik, lalu masyarakat juga siap siaga dan dampak yang akan terjadi, hindari tempat yang rendah, sebaiknya dikasih alat-alat, tanggul, itu efektif aman," terang Armi.

Armi menyampaikan ada sejumlah wilayah yang berpotensi diterjang banjir. Selain beberapa kawasan di Jawa, ada sejumlah kawasan di Sumatera yang mempunyai potensi itu.

"Paling besar di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan wilayah Sumatera, khususnya Aceh," ujarnya.




Tonton juga video 'Cuaca Buruk, Penumpang Kapal Tujuan Madura Terlantar di Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel