Guguran Kubah Lava Merapi Kembali Terjadi Pagi Tadi

Guguran Kubah Lava Merapi Kembali Terjadi Pagi TadiPuncak Gunung Merapi. Foto: Dok BPPTKG

Sleman -Guguran kubah lava kembali terjadi di puncak Gunung Merapi. Teranyar guguran kubah lava terjadi pagi tadi sekitar pukul 08.45 WIB.

Akun twitter resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, @BPPTKG, menjelaskan fenomena yang terjadi di Merapi pagi tadi.

"Terjadi guguran kubah lava Merapi pukul 08.45 WIB teramati dari CCTV Puncak ke arah barat maritim di dalam area kawah," tulis @BPPTKG menyerupai dilihat detikcom, Kamis (27/12/2018).

Sebelum ini, Gunung Merapi memang menawarkan aktivitasnya. Tercatat hari ini sisa sudah dua kali terjadi guguran di Puncak Merapi.


BPPTKG mencatat, pada pukul 02.50 WIB sudah terjadi guguran lava pijar di Puncak Merapi. Namun guguran lava pijar ini masih tergolong kecil.

"Via CCTV Puncak #merapi terpantau guguran lava pijar pukul 02.50 WIB dengan jarak luncur 300 meter, arah ke hulu Kali Gendol," terperinci @BPPTKG.


Sementara status Gunung Merapi sendiri masih belum berubah, masih di level II atau waspada. "Tingkat pencetus #merapi waspada (Level 2)," lanjutnya.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel