Ct Semangati Wisudawan Ptiq Soal Kewirausahaan

CT Semangati Wisudawan PTIQ Soal KewirausahaanChairul Tanjung (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)

Jakarta -Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung (CT), menyemangati para wisudawan Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta terkait kewirausahaan atau entrepreneur. CT menyebut potensi bisnis ekonomi keumatan sedang laris-larisnya.

"Seorang pengusaha harus bisa membaca adanya peluang di pasar dan menangkapnya dan menjadikannya sebuah perjuangan yang menguntungkan," ucap CT di Balai Sidang Jakarta, Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12/2018).
Orasi ilmiah itu disampaikan CT di hadapan 355 wisudawan dari tingkat S1, S2, dan S3. Acara wisuda ini dihadiri rektor Institute PTIQ Jakarta Nasaruddin Umar, Dewan Pembina Kampus PTIQ Jakarta Ponco Sutowo, dan Asisten Kesra Sekda DKI Jakarta Artal Reswani.

CT menyebut peluang bisnis itu mulai dari fesyen hingga hotel berbasis syariah. Namun bila seorang tidak menangkap peluang bisnis, maka berdasarkan CT sebaiknya membuat sendiri bisnis tersebut.

"Ada yang nanya lagi bila sudah lihat peluang nggak ketemu gimana ya ia ciptakan peluang itu. Itulah entrepreneur jadi nanti lulusan PTIQ selain mungkin ngajar, jadi imam di masjid, tidak ada larangan untuk menjadi wirausahawan atau entrepreneur dengan cara melihat peluang dan tangkap, bila tidak ketemu ya ciptakan peluang itu," ujarnya.
Sebagai pengusaha, CT mengaku memang harus mempunyai kemampuan melihat peluang bisnis. Lalu bagaimana bila peluang sudah ada tetapi eksekusinya lemah?

"Karakteristik ialah siap mental untuk siap bekerja keras," kata CT.

"Ya alasannya ialah eranya kini misal bila jual martabak nggak bisa lagi menyerupai orang dulu jual martabak. Kalau dulu kan cuma kacang dan cokelat. Kalau kini variannya itu ada dengan penemuan dan kreativitas ada banyak kreativitas banyak ada red velvet-lah salah satunya," imbuh CT.



Tonton juga ' CEO Vs CEO: CT Hadapi Pendiri Go-Jek, BukaLapak Hingga Dian Sastro ':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel