Lintasarta Dukung Pemerintah Hadapi Industri 4.0

Lintasarta Dukung Pemerintah Hadapi Industri 4.0(Foto: dok. Lintasarta)

Jakarta -

Lintasarta mendukung industri nasional menghadapi abad revolusi industri 4.0 dengan berpartisipasi dalam program Making Indonesia 4.0 Conference pada Rabu (24/10) kemudian di Gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta. Acara yang digagas oleh Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian ini dibuka secara eksklusif oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Acara yang membawa tema "Menyiapkan Industri Indonesia di Era Industri 4.0" diikuti sebanyak 300 akseptor yang mencakup para pelaku industri baik skala kecil, menengah, dan besar, aparatur pemerintahan, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas), Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS), serta para anggota ACCI termasuk Lintasarta.

IT Services Director Lintasarta, Arya N. Soemali hadir sebagai salah satu pembicara dengan memberikan kesiapan Lintasarta sebagai ICT Total Solution Company untuk mendukung implementasi industri 4.0 melalui teknologi cloud sebagai dasar pembangunan.

"Teknologi cloud yaitu faktor penting dalam abad revolusi Industri 4.0 alasannya akan menjadi infrastruktur dasar bagi pengembangan dan penemuan bisnis melalui pemanfaatan teknologi," ujar Arya.

Hal ini sejalan dengan kode pemerintah melalui Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang dalam sambutannya mengatakan, bahwa teknologi cloud merupakan salah satu infrastruktur digital yang penting dalam mendukung implementasi industri 4.0. Menurut Airlangga Hartarto, melalui pemanfaatan cloud dalam upaya transformasi digital akan memperlihatkan peluang untuk merevitalisasi industri manufaktur serta mempercepat pencapaian visi Indonesia menjadi 10 ekonomi terbesar pada 2030.

Melalui jawaban pemerintah tersebut, Arya meyakini bahwa, pemanfaatan cloud akan mendukung implementasi berikutnya terkait penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligent (AI) dalam menghadapi abad industri 4.0.

"Pemerintah bersama dengan pelaku industri telah bahu-membahu meyakini bahwa cloud menjadi instrumen penting sehingga perlu didukung dengan teknologi serta infrastruktur yang andal," tambah Arya.

Lintasarta sebagai ICT Total Solution Company berkomitmen memperlihatkan layanan Lintasarta Cloud yang prima dengan konsep one stop solution untuk industri mulai dari Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS). Lintasarta Cloud juga didukung dengan jaringan komunikasi yang cukup luas di seluruh Indonesia dan sanggup diakses dari beberapa saluran komunikasi data menyerupai internet, private network, VSAT, dan lainnya.

Lintasarta Cloud yang berlokasi di Indonesia (local cloud provider) berada di tiga Data Center milik Lintasarta yaitu di Jakarta, Tangerang Selatan serta Purwakarta yang telah terkoneksi satu sama lain dengan jaringan data berkecepatan tinggi. Arsitektur ini akan memudahkan pengguna dalam memilih taktik deployment yang paling optimal.

Upaya meningkatkan kualitas layanan dilakukan melalui kemudahan cloud server yang memakai Solid State Drive (SSD) pada storage sehingga menghasilkan power efficiency dan performa terbaik dari aspek akselerasi dengan kecepatan tiga kali lipat dibanding Hard Disk Drive (HDD). Lintasarta Cloud memperlihatkan koneksi jaringan yang jago melalui peering lokal terbesar di Indonesia, total sebesar 100 Gigabits Per Second (Gbps) dengan latensi di bawah 5 milisecond (ms).

Hal ini mendukung interkoneksi terbesar dari Lintasarta pada local exchange baik dalam jalur domestik maupun internasional. Layanan Lintasarta Cloud juga didukung dengan kanal internet yang cepat, pendampingan penuh dalam proses audit, serta sumbangan penuh selama 24/7 dengan keberadaan 54 local support di seluruh Indonesia.

Arya menambahkan, elemen penting lainnya dalam mewujudkan industri 4.0 yaitu sinergi setiap pihak terkait dan Lintasarta telah menjadi kolaborator pembentukan ekosistem cloud melalui pengembangan aplikasi solusi industri dari startup lokal berkerjasama dengan akademisi banyak sekali universitas negeri ternama di Indonesia yang disebut dengan Appcelerate Program. Pada akhirnya, Lintasarta pertanda komitmen untuk mendukung pelaku industri yang mempunyai daya saing tinggi di ranah nasional sampai global melalui pemanfaatan teknologi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Lintasarta Cloud, klik di sini.



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel