Pantau Harga Sembako Di Pasar, Rommy: Harga-Harga Stabil

Pantau Harga Sembako di Pasar, Rommy: Harga-harga StabilFoto: Dok PPP

Jakarta -Ketua Umum PPP, M Romahurmuziy mengunjungi pasar tradisional Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Saat berdialog dengan sejumlah pedagang, ia ia menemukan bahwa harga-harga kebutuhan pokok ibarat telur, bawang, daging dan lainnya relatif stabil.

Menurut Rommy, pedagang juga tidak mengalami kesulitan untuk memperoleh barang dagangan alasannya yaitu pasokan selama ini lancar.

"Saya mengecek sejumlah harga sembako, dan sejauh ini sesudah bertanya dengan para pedagang, harga-harga stabil dan relatif tidak ada kenaikan harga. Salah satunya yaitu bawang merah yang tidak naik semenjak Hari Raya Idul Adha kemudian yaitu Rp 15 ribu/kg," kata Rommy, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/10/2018).


Memang ada sejumlah barang yang naik, namun tidak signifikan. Salah satunya yaitu tomat yang berdasarkan Rommy naik dari Rp 4.000/kg menjadi Rp 5.000/kg.

Rommy menyebut bahwa harga-harga yang stabil ini mengatakan tugas pemerintah yang berhasil mengendalikan harga. Bahkan pemerintah dalam dua bulan terakhir bisa menurunkan harga kebutuhan pokok atau mencatatkan deflasi. Pada September kemudian misalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terjadi penuruna harga atau deflasi sebesar 0,18%.

"Harga yang stabil ini sesuai dengan data BPS yang mengatakan deflasi sebesar 0,18%. Hal juga mengatakan prestasi pemerintah dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok," terang Rommy.


Rommy menambahkan bahwa pasar tradisional merupakan salah satu cerminan geliat ekonomi masyarakat Indonesia. Karena di pasar inilah mereka umumnya belanja kebutuhan sehari-hari. Stabilnya harga kebutuhan pokok di pasar tradisional juga mengatakan bahwa masyarakat tidak tetap bisa memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya lebih dari sebelumnya.

Stabilnya harga pangan ini berdasarkan Rommy mengatakan bahwa penurunan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS beberapa hari ini tidak besar lengan berkuasa pada kenaikan harga kebutuhan pokok.


Saksikan juga video 'Ketum PPP Berkostum Gatot Kaca, Sekjennya Arjuna':

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel