5 Fakta Gunung Merapi Yang Kembali Keluarkan Awan Panas

5 Fakta Gunung Merapi yang Kembali Keluarkan Awan PanasGunung Merapi. Foto: AntaraFOTO

Jakarta -Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas sejauh 950 meter ke arah hulu Kali Gendol. Berikut fakta-fakta soal gunung merapi yang perlu kau tahu.

Gunung Merapi yaitu gunung berapi yang terletak di bab tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.

Lereng sisi selatan berada dalam manajemen Kabupaten Sleman, Daerah spesial Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Sejarah letusan Gunung Merapi pernah terjadi pada tahun 2010. Letusan tersebut menjadi letusan terbesar selama 100 tahun terakhir. Ini mengakibatkan 337 korban meninggal dunia.

Berikut ini beberapa fakta soal Gunung Merapi yang kau perlu tahu:

1. Ketinggian

Gunung merapi mempunyai ketinggian 2.930 mdpl. Nama "merapi" berasal dari penyingkatan "meru" alias gunung dan "api" sehingga merapi bahwasanya sudah mempunyai arti gunung api.

5 Fakta Gunung Merapi yang Kembali Keluarkan Awan PanasAktivitas Gunung Merapi. Foto: AntaraFOTO

2. Gunung Teraktif di Indonesia

Gunung merapi mempunyai siklus letusan sekitar lima tahun. Masih ingat dengan letusan gunung berapi di tahun 2010? Kala itu sang juru kunci Mbah Maridjan juga menjadi korbannya.


3. Tak ada lagi Puncak Garuda

Gunung ini mempunyai puncak terkenal yang dinamakan Puncak Garuda. Namun alasannya letusan di tahun 2010, menciptakan puncak terkenal ini menghilang alasannya tergerus ketika terjadinya erupsi Merapi di waktu itu.

Sebenarnya, para pendaki tak boleh naik hingga puncak. Hanya boleh hingga area Pasar Bubrah saja. Namun sayangnya banyak pendaki Gunung Merapi yang melanggar hukum yang sudah dipasang pihak pengelola.

4. Tidak Ada Sumber Air di Jalur Pendakian

Siapa sangka kalau di gunung merapi ini tidak ada sumber mata air di sepanjang jalur poendakian. Makara para pendaki harus membawa persediaan air minum lebih banyak jikalau ingin mendaki gunung ini.

5 Fakta Gunung Merapi yang Kembali Keluarkan Awan PanasGunung Merapi. Foto: Antara Foto

5. Awan Panas dan Guguran Lava

Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas. Kali ini guguran awan panas meluncur sejauh 950 meter ke arah hulu Kali Gendol.

Sebelumnya, Gunung Merapi juga menggugurkan awan panas pada Rabu (7/8). Tercatat jarak luncur guguran 1,2 km ke arah hulu Kali Gendol.

Dengan adanya hal ini, BPPTKG merekomendasikan daerah di radius 3 kilometer dari punak Gunung Merapi harus dikosongkan dari acara penduduk.



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel