Sandiaga Siap Kerja Sama Kalau Pemerintah Adopsi Ok Oce-Rumah Siap Kerja

Sandiaga Siap Kolaborasi Jika Pemerintah Adopsi OK OCE-Rumah Siap KerjaSandiaga Uno (Foto: Indra Komara/detikcom)

Jakarta -Sandiaga Uno membuka pintu kerja sama seandainya pemerintah mau mengadopsi dua programnya yang sedang dikembangkan, yakni OK OCE dan Rumah Siap Kerja. Sandiaga mengaku bahagia kalau kegiatan tersebut direspons pemerintah.

"Ya kita berharap kerja sama itu kan sanggup bersinergi dengan baik. Kalau contohnya pemerintah sanggup bekerja sama mengadopsi, kita bahagia sekali. Ini ialah bab ikhtiar kita sekarang, kebetulan saya di luar pemerintahan, waktu di DKI jalan dengan training di tiap kecamatan. Sekarang juga saya masih dilaporkan masih ada training dan kalau pemerintah sentra dan pemerintah kawasan membuka peluang, tentu kita bahagia bekerja sama," kata Sandiaga di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Selasa (2/7/2019).


Sandiaga berterima kasih kepada warga, khususnya Wanita Pengusaha Muslimah Indonesia (WPMI), yang terus berupaya membuat lapangan kerja melalui UMKM yang didirikan. Dia menyebut tugas UMKM yang dikelola perempuan berkontribusi bagi domestik bruto RI.

"Ada data yang luar biasa berdasarkan saya bahwa UMKM yang dikelola perempuan hampir 10 persen dari produk domestik bruto kita, sementara total bisnis kominfo dan teknologi itu sekitar 5 persen. Kaprikornus sekitar 2 kali lipat tugas perempuan dalam pertumbuhan domestik bruto kita," tuturnya.

Dia juga mendorong biar pelaku perjuangan sanggup mengikuti keadaan dengan perkembangan zaman dengan melaksanakan digitalisasi usahanya. Dia ingin pelaku UMKM sanggup bersaing di e-commerce.

"Kita ingin juga bahwa mereka aktif di perjuangan yang bergerak di ekonomi kreatif alasannya ialah kriya, fashion, kuliner kini singgungannya dengan e-commerce, fintech, dan networking. Kaprikornus ini yang menjadi salah satu keniscayaan bahwa masyarakat butuh solusi lapangan kerja dan ibu-ibu ini yang ambil tugas bantu ekonomi kita dan lapangan kerja," katanya.


Nantinya, eks Wagub DKI ini akan mengajak pelaku UMKM ke Rumah Siap Kerja untuk diberikan isyarat untuk menyebarkan usaha. Dia ingin pelaku perjuangan kecil paham betul melaksanakan administrasi dagang. Hal itu juga yang ketika ini menjadi fokus Sandiaga sesudah Pilpres 2019.

"Saya lebih ingin berkolaborasi dengan para pelaku ekonomi, khususnya mentoring, inkubasi, mendorong para pengusaha ahli UMKM, emak-emak, perempuan muslimah ini menerima training pendampingan yang baik, dibantu pemasaran, pembukuan dan permodalan. Karena administrasi sesudah rapi, perjuangan berkembang pasti butuh pemodalan. Ini yang nanti jadi fokus kegiatan ke depan dan ada dua pilar utama yakni OK OCE dan Rumah Siap Kerja yang fokus ciptakan lapangan kerja terlatih," ujarnya.

Simak Video "Kalah Pilpres, Sandi Tetap Gaspol OK OCE dan Rumah Siap Kerja"
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel