Petunjuk Cara Memakai Kamus Bahasa Indonesia Dan Inggris Dgn Cepat

Cara Menggunakan Kamus Bahasa Indonesia dan Inggris dengan Cepat

Mungkin anda gundah bagaimana cara mencari kata dalam kamus yang begitu tebal? Nah, ada baiknya baca Cara Menggunakan Kamus Bahasa Indonesia dan Inggris ini supaya sanggup mampu ilmu komplemen sola penggunaan kamus.

Dalam bahasa Inggris kamus diartikan dictionary, yaitu sebuah buku tumpuan yang berisi daftar kata-kata untuk mencari kata apa saja dalam bahasa tertentu. Mengenai lengkap tidaknya tergantung seberapa banyak kata yang dicantumkan di dalamnya, terkadang dipengaruhi oleh harga dari kamus itu sendiri.

Sekarang ini bukan hanya KBBI saja yang sanggup kita pakai. Anda juga sanggup memakai terbitan lain selain dari yang dipublikasikan oleh kementrian. Hanya saja, mungkin tidak selengkap dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia tersebut.

Ilmu terpenting yang harus diketahui dalam pembelajaran ini yaitu harus tau cara memilih kata dasar. Tiap kata niscaya ada kata dasarnya. Contoh, kata “penggunaan” maka kata dasarnya yaitu “guna”, sedang imbuhan ‘peng’ dan ‘an’ hanyalah komplemen saja.

Langkah Cara Menggunakan Kamus Bahasa Indonesia dan Inggris
Pada dasarnya model penyusunan kamus itu berbeda-beda, tergantung kebijakan si penyusun. Ada yang menyusun menurut kata dasarnya, dan ada juga yang pribadi sesuai dengan kata turunanya. Namun, lebih banyak yang menurut kata dasarnya. Dan berikut ringkasan caranya:

Tentukan kata dasar dari kata yang akan dicari
Buka kamus menurut abjad awal kata dasarnya
Cari menurut urutan abjad setelah abjad awalnya
Setelah ketemu letak kata dasarnya, tinggal lihat kata yang sesuai dengan yang anda cari.
Jika belum terang dengan keterangan di atas, maka Caraspot menambahkan klarifikasi panjangnya di bawah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah anda memahami petunjuk penggunaan kedua kamus tersebut.

Jangan sungkan bertanya lewat komentar jika ada yang kurang dipahami. Kalau bukan admin yang menjawab, maka pengunjung lain mungkin sanggup lebih memperjelas langkahnya.

Tapi sebelum itu, baca : Cara Memberi Password pada File Word dan Excel serta Folder

A. Penggunaan Kamus Bahasa Indonesia
Sebagai contoh, kali ini kita memakai Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yang tebal, terbitan KemDikBud (Dinas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan).

cara memakai kamus bahasa indonesia

1. Mulai dengan memilih kata dasar dari kata yang akan dicari, contohnya saja ingin mencari makan kata ‘membuat’ maka Anda harus tau dulu apa kata dasar dari kata tersebut. Adapun kata dasar dari ‘membuat’ yaitu ‘buat’.

2. Setelah tau kata dasarnya, selanjutnya buka kamus menurut abjad pertama dari kata ‘buat’ tersebut, yaitu abjad ‘b’. Dalam hal ini ada 3 caranya:

Dengan melihat daftar isi
Berdasarkan penanda abjad di samping tiap lembaran kamus (biasanya dilubangi atau di beri warna tebal)
Dengan melihat pribadi kata yang tertera di samping nomor halaman.
3. Setelah ketemu letak abjad awalnya (huruf ‘b’), kemudian pribadi cari menurut abjad sesudahnya atau yang urutan kedua. Dalam hal ini, kata ‘buat’ abjad keduanya yaitu abjad ‘u’. Kaprikornus pribadi buka halaman yang katanya dimulai dari kata ‘bu..’ dan demikian seterusnya, hingga ketemu kata buat.

4. Setelah ketemu letak halaman kata ‘buat’ (biasanya dicetak abjad tebal), tinggal cari di dalamnya kata turunannya, dalam hal ini yang berimbuhan ‘mem’

5. Selesai sudah prosesnya, tinggal catat halamannya supaya tidak lupa.
Catatan:

Bila kau tidak mau repot memakai cara manual dalam mencari terjemahan kata, maka sanggup memakai layanan online dari situs resmi Kemdikbud, yaitu di http://kbbi.kemdikbud.go.id/Cari/Index

Saat ini, setelah situs Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tersebut diperbaharui, kini kita sanggup mencari kata pribadi kata yang berimbuhan, tanpa perlu mengetik kata dasarnya dulu.

Sempatkan baca : Kumpulan Ebook Premium yang Banyak Di Donwload

B. Cara Pakai Kamus Bahasa Inggris
Adapaun kamus Bahasa Inggris yang banyak digunakan di Indonesia ketika ini yaitu kamus yang disusun oleh John M. Echols dan Hassan Shadily yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Selain lengkap, kamus tersebut juga merupakan kamus terlaris di Indonesia, dengan warna khas dari sampulnya, yaitu kuning, hijau dan merah/pink.

Sepertinya bab ini tak perlu dijelaskan, alasannya caranya tak ada bedanya jika kita memakai kamus bahasa Indonesia, yaitu juga dengan menentuknn kata dasarnya dulu.

Yang perlu dipelajari di sini yaitu soal cara memilih kata dasar dalam bahasa Inggris. Karena, faktanya, terkadang ada yang beraturan perubahannya, ada juga yang tidak tentu.

Sebagai contoh, contohnya anda mencari kata ‘built’ (bentuk lampau), maka Anda harus mengetahui dulu kata dasarnya, sedang kata dasarnya bukan dengan komplemen prefix atau pun suffix alasannya kata dasar dari ‘built’ yaitu ‘build’.

Sekalipun demikian, kadang walau kata dasarnya berbeda jauh dengan kata bentuk kedua atau ketiganya, tapi biasanya letaknya dalam kamus hampir tidak berjauhan, jadi masih gampang ditemukan.

Sebenarnya, untuk sanggup jago cara memakai kamus bahasa Indonesia maupun Inggris hanya perlu kebiasaan saja. Semakin sering praktek maka semakin mahir dan cepat mencarinya.

Jadi, setelah membaca keterangan di atas, maka kuncinya yaitu sanggup mengelompokkan suku kata dengan benar sehingga gampang tau kata dasar tiap kata yang dicari. Selain itu, baik pada cara penggunaan kamus bahasa Inggris maupun bhs. Indonesia, setiap siswa harus sudah menghafal mati susunan abjad mulai A hingga Z. Mengapa demikian? ya, alasannya ketika mencari kata atau susunan abjad dalam kata kita harus hafal betul urutannya, contohnya setelah abjad J apa.., dan seterusnya.

Saran saya, jika pun kini lebih bahagia memakai kamus online menyerupai Google di https://translate.google.co.id/ , sebaiknya tetap cek juga di kamus yang dalam bentuk buku alasannya terkadang isi dari kamus online banyak yang salah-salah juga. Ya, sudah tentu alasannya materinya tidak melalui proses verifikasi dari andal bahasa.
Selain alasan di atas, kamus google yang sanggup dibuka lewat internet atau HP tidak sanggup digunakan untuk menerjemahkan paragraf. Hasilnya memang tetap muncul, tapi susunan katanya tetap harus diedit supaya sesuai dengan gramatikal bahasanya.

Kaprikornus bagaimana? Sudah pahamkan cara memakai kamus bahasa indonesia dan Inggris dengan benar dan cepat dari tutorial ini?. Kuncinya yaitu latihan dan latihan saja. Mungkin yang masih baru, terutama yang masih SD dan SMP, disarankan praktek tiap hari mencari kata lewat kamus supaya tambah lincah.
Sumber https://websignstudios.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel