Cara Menghitung Persen – Rumus Persentase Dan Diskon (Mencari %)

/Bisnis /Pendidikan /Umum /Cara Menghitung Persen – Rumus Persentase dan diskon (Mencari %)
 Persen atau persentase ialah nilai atau jumlah per seratus dari suatu angka Cara Menghitung Persen – Rumus Persentase dan diskon (Mencari %)

Persen atau persentase ialah nilai atau jumlah per seratus dari suatu angka, uang, barang, dan lainnya. Nah, dalam artikel Cara Menghitung Persen – Rumus Persentase dan Diskon (Mencari %) ini akan di ulas tuntas mengenai teknik atau langkah dalam cara mencari persentase sebuah nilai dari barang, benda cair, uang, dan apa pun itu selama ada jumlahnya dan diketahui nilainya.
Dalam ilmu matematika persen ditandai dengan simbol ‘%’. Ini ialah tanda umum yang digunakan, termasuk di komputer, yang tertulis di keyboard, di kalkulator dan buku-buku juga menuliskannya demikian sebagai tanda yang mewakili nama dari persentase.
Ada banyak kemungkinan yang mencul saat kita bicara soal persen, di antaranya mencari berapa persen dari nilai tertentu dari total suatu uang atau barang, mengetahui berapa jumlah niscaya dari angka persen dari total yang telah diketahui dan lain sebagainya yang berafiliasi dengan ilmu matematika dasar ini. Berikut caranya:

Cara Menghitung Persen menurut Rumus Persentase

Tanda % yang kita kenal dengan sebutan di atas intinya kuncinya ialah pada nilai 100 alasannya ialah saat kita bicara soal persen maka itu artinya nilai dari per seratusnya. Maksudnya begini, kalau kau mau tau berapa sih nilai persennya dari suatu barang sedang nilai keseluruhannya sudah diketahui dan nilai yang akan dicari persennya juga, maka rumusnya ialah dengan membagi dari nilai yang diketahui dengan nilai total kemudian dikali 100 dan risikonya pun akan keluar.
Untuk lebih jelasnya ini ialah perkaliannya:

1. Cara Mencari Persen dari Jumlah yang Sudah Diketahui

Misalnya diketahui bahwa si A memiliki 200 butir kelereng atau gampangnya sebut saja uang. Nah, kemudian diambil adiknya atau si B sebanyak 23 butir atau 20 rupiah (jika contohnya uang).
PertanyaanyaBerapa persenkah 23 butir dari total 200 butir keleren yang si A miliki?
Jawabannya:
23 butir : 200 x 100 = 11,5 %
Jadi, cara menghitung persen dari nilai yang sudah diketahui ialah dengan cara membagi nilai tersebut dengan nilai totalnya kemudian dikali seratus alasannya ialah seratus tersebut ialah nilai dari persentasenya.

2. Rumus persentase menghitung jumlah nilai dari persen yang sudah diketahui

Sebagai contoh, Ali Mempunyai Rp. 1.500.000 uang yang ia simpan dilemari, tapi alasannya ialah berhubung saudaranya lagi butuh uang mendadak, maka saudaranya tersebut mengambil 30% sedang 70 % lagi mau dipakai untuk modal berdagang.
Pertanyaannya, berapakah nilai uang dari 30% tersebut, bila jumlah total uangnya ialah Rp. 1.500.000?
Jawabannya: Karena jumlah total 100% ialah Rp. 1.500.000 maka tinggal bagi saja nilai uang tersebut menjadi 100 potongan kemudian kali 30 maka itulah hasilnya. Lebih jelasnya lihat perkaliannya berikut ini:
1.500.000 : 100 = 15000 (ini ialah jumlah uang per 1 persennya)
15000 x 30 = Rp. 450.000. Kaprikornus inilah nilai uang dari 30% tersebut.
Ada berbagai bersama-sama teladan lain dalam kasus mencari persen ini alasannya ialah dalam kehidupan sehari-hari kita selalu ketemu, apalagi bila itu hubungannya dengan bisnis, sudah barang tentu harus detail membaginya semoga tak ada yang dirugikan.
Dan bukan cuma Rupiah saja, dollar dan mata uang lain juga dapat memakai rumus di atas. Termasuk untuk semua jenis benda danzat, mulai dari benda cair yang dihitung menurut liter, biji-bijian yang dihitung menurut satuan kilogram dan sebagainya.
Lalu pertanyaannya, bagaimana bila jumlah persennya lebih tinggi dari 100, apakah tetap dibagi atau dikali 100? Ya, tentu saja alasannya ialah risikonya nanti tetap akan terlihat bila memang melebihi dari angka 100 persennya. Misalnya saja, uang yang diambil Budi di lemari 1 juta, alasannya ialah ia beranggapan bahwa nanti ibunya akan memberi sejumlah itu. Padahal, belakangan ia gres tau kalau ternyata ibunya hanya ingin memberi 800ribu saja. Nah, berapa persenkah uang yang diambil tersebut? Tentunya 125% alasannya ialah dari hasil 1 juta / 800ribu *100.

3. Cara Menghitung Diskon

Ini juga sering ditemui kalau kita mau belanja di Mall atau daerah perbelanjaan lainnya yang sudah modern menyerupai di toko baju distro, minimarket, supermarket dan lain sebagainya yang mana biasanya hanya menyebutkan nilai persennya, tidak dengan jumlah uang atau rupiahnya.
Adapun cara mengetahui nilai uang dari diskon barang tertentu ialah :
Rumus : Harga total dibagi 100 kemudian dikali dengan nilai persennya (Harga jual : 100 x diskon)
Contoh, harga baju yang mau dibeli Rp. 100.000 dan ditulis bahwa baju tersebut didiskon 15%. Nah, maka cara mencari nilai dari 15% tersebut ialah :
Rp. 100.000 : 100 x 15 = Rp. 15.000
Mengapa harus dibagi 100? Ya alasannya ialah nilai persen yang dicari ialah dari 100% dan alasannya ialah untuk mengetahui nilai per 1 (satu) persennya berapa dari harga Rp. 100.000 tersebut. Sehingga, bila telah diketahui bahwa tiap 1% = 1000 maka akan praktis juga diketahui berapa nilainya kalau 15% alasannya ialah cukup dikalikan saja dengan 15.
Sebenarnya, jauh lebih praktis mencari nilainya dari % barangnya alasannya ialah kita cukup bagi saja 100 kemudian kalikan dengan jumlah diskonnya maka ketemulah jumlah uang yang dimaksud. Ini pun bersama-sama dipakai kalau contohnya kita jalan-jalan ke Mall kemudian lihat barang (nggaplah tas cantik) kemudian di atasnya ditulis kalau hari ini ada diskon sebesar 70% + 30% (ini bersama-sama bahasa iklan yang menipu alasannya ialah mana mungkin dapat untung kalau diskonnya hingga segitu, yang ada mah harganya dinaikkan dulu). Nah, dengan mengetahui rumusnya kita dapat menghitung sendiri lebih dulu harga bersama-sama dengan memakai handphone, gres kemudian membelinya. Sebab jangan hingga salah, dikira potongan harganya banyak padahal hanya 2ribu perak saja. Apalagi kalau kebetulan hanya bawa uang pas… dapat merah tuh muka kita di depan kasir… alasannya ialah aib disangka gak punya duit tapi mau shopping segala.
Menggunakan rumus excel
Bagaimana kalau kita kebetulan berada di depan komputer? Nah, baiknya gunakan saja excel alasannya ialah selain lebih cepat penghitungannya juga tanpa batas jumlah digit.
Adapun tekniknya, pertama tulis dulu semua angka yang disebut, mulai dari harga barang, jumlah persen dan juga angka 100 sebagai pembagi atau pengkaliannya untuk menghitung persen. Selanjutnya iktui rumus excel ini:
  1. Mulai dengan mengetik tanda sama dengan (=) di awal (ini rumus mutlak yang harus dilakukan)
  2. Kemudian (jika yang dicari ialah nilai uang dari persen) maka tinggal klik harga barang lalutekan tanda pembagi atau garis miring (/) (letaknya sama dengan tanda tanya di keyboard), kemudian klik angka 100 yang sudah diketik, kemudian klik tanda kali (*) (caranya tekan Shift + angka 8)
  3. Terakhir tekan ‘Enter’ untuk melihat hasilnya.
Kurang lebih menyerupai ini, Rp. 500.000 / 100 * 15 = Rp. 75.000
Jadi, dalam Cara Menghitung Persen – Rumus Persentase (Mencari %) maka yang harus diketahui ialah bahwa yang namanya persen itu per seratus. Jika yang dicari nilai dari persen yang sudah diketahui, itu artinya ia harus dibagi dengan nilai tersebut, tapi bila yang telah diketahui ialah jumlah uangnya dan nilai % belum diketahui maka yang dilakukan ialah dengan mengkalikannya seratus sehabis nilai yang sudah diketahui tersebut dibagi dengan nilai totalnya. Paham kan? Kalau belum, jangan aib bertanya!

Sumber https://websignstudios.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel