Penambang Pasir Di Klaten Tewas Tertimpa Longsor

Penambang Pasir di Klaten Tewas Tertimpa LongsorFoto: Dok BPBD Klaten/detikcom

Klaten -Seorang warga Glagahsari, Desa Kendalsari, Kecamatan Kemalang, Klaten, Slamet Setyo (55) meninggal dikala bekerja menambang pasir. Dia tewas tertimpa tebing pasir yang longsor.

Peristiwa terjadi pada Selasa (12/3/2019) sekitar pukul 07.00 WIB. Kejadian berlangsung di daerah penambangan pasir Kaliworo, Kemalang, Klaten.

Plt Kepala BPBD Klaten, Dodhy Hermanu, menyampaikan pasir longsor dari tebing secara tiba-tiba. Para penambang pasir manual berusaha menyelamatkan diri, namun Slamet tidak sempat menghindar.

"Penambang kan memang menambang secara manual di bawah. Saat itu longsoran terjadi begitu saja. Kebetulan korban ada di bawahnya," kata Dodhy dikala dihubungi detikcom.

Proses penyelamatan dilakukan dengan mendatangkan satu unit ekskavator. Korban ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa.

"Ditemukan satu orang korban tersebut. Korban luka-luka tidak ada," kata dia.

Dodhy menyampaikan insiden serupa memang kerap terjadi di lokasi penambangan pasir dan batu di lereng Gunung Merapi itu. Karena penambangan dilakukan manual, tentu risiko tertimbun longsoran semakin besar.

"Memang alhasil besar sekali. Jika diketahui ada longsoran, memang harus segera menghindar. Sudah kami imbau tapi warga tetap saja tidak dapat dihentikan," katanya.



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel