Lagi, Merapi Keluarkan Awan Panas Siang Ini Jarak Luncurnya 1 Km

Lagi, Merapi Keluarkan Awan Panas Siang Ini Jarak Luncurnya 1 KmGunung merapi dari Klangon, Cangkringan, Sleman, (27/1/208). Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

Yogyakarta -Gunung Merapi kembali mengatakan aktivitasnya. Setelah terjadi awan panas guguran pagi tadi, Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran siang ini pada pukul 10.17 WIB.

"Telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 07/03/2019 pukul 10.17 WIB," terang Kepala BPPTKG dalam keterangannya yang diterima wartawan, Kamis (7/3/2019).

Adapun awan panas guguran siang ini berdurasi 97 detik dengan jarak luncur 1 kilometer. Berdasarkan pengamatan BPPTKG awan panas guguran mengarah ke tenggara.

"Awan panas masih dalam jarak kondusif rekomendasi (3 kilometer dari Puncak Merapi). Masyarakat diimbau untuk tetap damai dan beraktivitas menyerupai biasa," sebutnya.


Diberitakan sebelumnya, awan panas guguran juga terjadi pagi tadi sekitar pukul 07.44 WIB. Jarak luncurnya lebih panjang, yaitu 1,2 kilometer dari Puncak.

"(Awan panas) pukul 07.44 WIB dengan durasi 121 detik, jarak luncur 1.200 meter, mengarah ke tenggara. Awan panas teramati dari CCTV Puncak," jelasnya.


BPPTKG sampai sekarang belum mengubah status Gunung Merapi yang masih di level II atau waspada. Oleh akibatnya masyarakat diminta tetep tenang.

"Masyarakat diimbau untuk tetap damai dan beraktivitas menyerupai biasa. Status (Gunung Merapi) tetap waspada," tutupnya.



Simak juga video Ronda Malam Bareng Warga DIY Memantau Aktivitas Gunung Merapi:

[Gambas:Video 20detik]



Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel