Hujan Debu Vulkanik Merapi Guyur Daerah Sleman

Hujan Abu Vulkanik Merapi Guyur Kawasan SlemanGunung Merapi (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)

Sleman -Gunung Merapi pagi ini kembali mengalami guguran awan panas. Dilaporkan di sejumlah wilayah di Kabupaten Sleman terjadi hujan abu.

"Laporan TRC BPBD, hujan debu tipis terpantau di Kalitengah Lor, Kaliurang, Turgo, Ngepring, Nganggring, Tunggul Arum," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan dalam keterangannya, Sabtu (2/3/2019).

Terpisah, Kepala Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Sunarta memberikan laporan hujan debu tipis terjadi di Kinahrejo, Srunen, Kalitengah Lor, dan gardu pandang Kaliurang.

"Ada laporan hujan debu tipis," jelasnya.


Sebelumnya, Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Kabupaten Sleman mencatat telah terjadi 7 kali guguran awan panas dalam kurun waktu kurang dari satu jam.

"Terjadi 7 kali awan panas guguran pagi tadi antara pukul 4.51-5.40 WIB," kata Kepala Pos PGM Kaliurang, Sunarta ketika dihubungi detikcom, Sabtu (2/3/2019).

Rinciannya, guguran awan panas terjadi pada pukul 4.51, 4.54, 5.03, 5.07, 5.10 dengan jarak luncur maksimum 2 kilometer. Kemudian guguran awan panas kembali terjadi pada pukul 5.33 dan 5.40 dengan jarak luncur masing-masing 800 dan 900 meter.


"Dari CCTV teramati awan panas 7 kali ke arah Kali Gendol dengan jarak luncur maksimum 2 kilometer," jelasnya.

Status Gunung Merapi masih Waspada (Level II), radius ancaman 3 kilometer dari puncak.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel