Bertolak Ke Timur Tengah, Ridwan Kamil Jajaki Sister Province

Bertolak ke Timur Tengah, Ridwan Kamil Jajaki Sister ProvinceFoto: Mochamad Solehudin

Bandung -Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan bertolak ke sejumlah negara di Timur Tengah untuk melaksanakan serangkaian kunjungan kerja. Lawatannya ke luar negeri, untuk menandatangani MoU sister province di Maroko dan Aljazair sampai mencari dana untuk pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Emil sapaan dekat Ridwan Kamil menuturkan, akan mengunjungi beberapa negara timur tengah menyerupai Maroko, Aljazair dan Dubai. Kurang lebih ada enam kegiatan penting dalam kunjungannya tersebut.

"Ada enam agenda. Pertama ialah ada dua sister provinve di Maroko dan Aljazair yang harus saya tanda tangan MoU-nya," kata Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (6/3/2019).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan memperlihatkan peluang investasi kepada pelaku bisnis di sejumlah negara timur tengah tersebut. Karena ia tidak ingin investasi di Jabar ini didominasi oleh negara-negara di wilayah Asia Timur, menyerupai Cina, Jepang dan negara lainnya.

"Kenapa saya ke timur tengah alasannya ialah saya ingin investasi di Jabar tidak didominasi (negara) Asia Timur, Singapura, Jepang dan Tiongkok. Kami ingin investasi di Jabar banyak dari negara muslim negara timur tengah," ucapnya.

Selain itu, dalam kunjungannya itu ia menerima perintah dari Wapres Jusuf Kalla untuk mencari pihak yang siap membantu pembangunan UIII. Pasalnya dana APBN gres sepertiga mendanai pembangunan proyek tersebut.

"Saya sanggup perintah dari Wapres untuk mencari donor-donor pembangunan UIII. Dana APBN gres sepertiga, dua pertiga dibutuhkan sanggup (bantuan) dari negara (lain). Karena ini sifatnya internasional," ucapnya.

Agenda lainnya Emil juga diminta oleh pemerintah Aljazair untuk mendesain Taman Sukarno. "Saya diminta Pemerintah Aljazair untuk desain alun-alun Sukarno. Karena Aljazair terinpirasi Konferensi Asia Afrika dan semangat Bung Karno. Kami juga sedang promosikan segitiga rebana agar investasi tiba dari Timur Tengah," katanya.

Menurut rencana Emil, akan berangkat hari ini. Selama satu ahad ia akan berada di beberapa negara Timur Tengah untuk melaksanakan serangkaian kegiatan tersebut.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel