Tngm Tutup Lokasi Pohon Tumbang Tewaskan Wisatawan Di Kaliurang

TNGM Tutup Lokasi Pohon Tumbang Tewaskan Wisatawan di KaliurangLokasi wisatawan tewas tertimpa pohon di Kaliurang (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)

Sleman -Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) menutup sementara objek wisata Tlogo Muncar di daerah Kaliurang, Kabupaten Sleman. Keputusan itu buntut tewasnya seorang pengunjung sehabis tertimpa pohon yang tumbang siang tadi.

"Kawasan Tlogo Muncar untuk sementara ditutup bagi wisatawan sehabis kejadian tadi siang," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNGM, Akhmadi ketika dihubungi wartawan, Minggu (24/2/2019).

Akhmadi mengaku penutupan Tlogo Muncar untuk keperluan penilaian titik-titik dan kondisi pohon yang berpotensi membahayakan keselamatan pengunjung. Batas waktu penutupan pun belum dapat dipastikan hingga kapan.

"Untuk sementara yang Muncar saja yang ditutup, belum dapat dipastikan hingga kapan. Kita pastikan dulu kondisinya di lapangan. Kalau yang lainnya relatif kondusif tapi tetap akan kami kaji dan penilaian ulang seluruhnya," jelasnya.


Akhmadi menerangkan, kejadian yang menewaskan Asmawah (45), pengunjung asal Kalasan sekitar pukul 11.28 WIB dipicu tumbangnya satu pohon yang berada di atas tebing.

"Pohon utama yang tumbang memang besar, posisinya di atas tebing dan mengenai pohon di bawahnya berjarak lebih dari 10 meter. Lalu pohon di bawah itu patah dan mengenai keempat wisatawan, diameter sekitar 30 cm seukuran satu tiang listrik," ungkapnya.

Akhmadi melanjutkan, Balai TNGM dan pengelola objek wisata bekerjsama sudah memasang papan peringatan bagi wisatawan biar tidak mendekat dengan pohon besar dan tebing yang berpotensi longsor.

"Sudah pasang imbauan biar wisatawan berhati-hati, tidak berada di erat pohon besar. Tapi pada prinsipnya ini menjadi materi penilaian kita bersama," imbuhnya.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel