Jalur Pendakian Gunung Slamet Kembali Dibuka

Jalur Pendakian Gunung Slamet Kembali DibukaFoto: Istimewa

Purbalingga -Pendakian ke puncak Gunung Slamet melalui jalur pendakian Dukuh Bangbangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalinggaakan dibuka kembali pada Sabtu (2/3) lusa. Pembukaan ini menyusul kondisi cuaca yang sudah membaik dan vegetasi di sepanjang jalur yang mulai tumbuh dan relatif pulih.

"Berdasar pertimbangan cuaca serta jalur pendakian yang sudah relatif pulih, maka diputuskan pendakian ke Gunung Slamet melalui jalur Bangbangan, Kutabawa, Karangreja Purbalingga, mulai dibuka, Sabtu (2/3) besok," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Prayitno dalam pesan tertulisnya kepada media, Kamis (28/2/2019) sore.

Menurut dia, dengan pembukaan pendakian ke Gunung Slamet, pihaknya akan menempatkan kembali dua orang petugas untuk standby di pondok perjaka yang dijadikan pos pendakian awal.

"Sebelumnya, dua petugas kami difokuskan untuk melaksanakan pencucian sampah di sepanjang pos pendakian, dan juga melaksanakan perawatan tanaman yang roboh di jalur itu," jelasnya.

Dia mengakui, musim untuk melaksanakan pendakian ke Gunung Slamet sangat besar. Sejak perayaan tahun gres 2019 lalu, banyak pendaki yang berdatangan ke pos Bambangan.

"Setelah pendakian massal pada malam tahun baru, kondisi jalur perlu pemulihan sehingga sementara ditutup. Selain itu juga untuk memulihkan vegetasi dan ekosistem di gunung," ucapnya.

Pembukaan jalur ini, lanjut ia juga sudah dikoordinasikan dengan jalur lain di wilayah Pemalang dan Banyumas, yang setuju untuk membuka kembali jalur pendakian sehabis kondisi cuaca semakin membaik serta pemulihan ekosistem tanaman di sepanjang jalur pendakian.

Sebelumnya, pendakian ke Gunung Slamet sempat ditutup pada 10 januari 2019 kemudian alasannya pertimbangan cuaca dan untuk pemulihan ekosistem vegetasi di jalur pendakian.


Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel