Emil Dardak Bicara Agrobisnis 4.0 Di Banyuwangi, Apa Itu?

Emil Dardak Bicara Agrobisnis 4.0 di Banyuwangi, Apa Itu?Foto: Ardian Fanani

Banyuwangi -Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak berbicara ihwal Agrobisnis 4.0 di depan puluhan nelayan, petani dan peternak Banyuwangi. Apa itu Agrobisnis 4.0?

"Adanya Agrobisnis 4.0 dibutuhkan pendapatan petani, peternak dan perkebunan skala kecil atau tradisional menjadi lebih meningkat, alasannya yaitu memanfaatkan teknologi berbasis Block Chain, Share Economic melalui Solusi Bisnis Agro 4.0 berbasis Sharing Ekonomi," papar Emil dalam ajang sharing IndoAgro Expo Indonesia Agriculture, Fishery, Livestock and Plantation International Expo di Banyuwangi, Senin (15/10/2018).

Sederhananya, Emil menjelaskan bahwa konsep ini sanggup membuka peluang pasar regional dan global bagi hasil produksi pangan lokal.

Konsep Agronisnis 4.0 ini, kata Emil, didasari kepada 4 hal, yaitu Crowd Funding, Crowd Marketing, Crowd Sourcing dan Crowd Logistik.

"Crowd Funding memungkinkan generasi milenial perkotaan untuk berinvestasi di bidang pertanian, berkebun, perikanan dan perternakan," terperinci Emil.


Sedangkan Crowd Marketing akan memudahkan konsumen, baik di dalam maupun luar negeri untuk melaksanakan pembelian secara online, termasuk melalui Lelang Virtual. Konsep ketiga, yaitu Crowd Logistic berarti adanya kerjasama di antara para pelaku perjuangan pergudangan dan transportasi untuk membawa produk panen kepada konsumen dimanapun berada.

"Sebagai contoh, produk masuk ke dalam kereta api (KA) di malam hari dan datang keesokan pagi di kota tujuan dan pribadi disebar memakai transportasi online ke pembeli," paparnya.

Konsep terakhir, yaitu Crowd Sourcing memungkinkan petani menyiapkan potensi investasi dari produk yang dihasilkannya. Ia juga mengemukakan pemanfaatan QR Payment yang sanggup mengarahkan petani untuk memakai dana investasi sesuai tujuan.

"Di portal, penjual sanggup menempatkan video pendek, yang selain sanggup menawarkan daya tarik kepada calon pembeli, di sisi lain juga akan memudahkan pengendalian dalam tahapan produksi bagi investor," urainya.


Selain menawarkan materi, Wakil Gubernur Jatim terpilih ini juga sempat berkeliling di beberapa stand. Menurutnya, IndoAgro Expo ini bukan ekspo yang mempromosikan produk pertanian biasa.

"IndoAgro Expo Banyuwangi ini ternyata juga mempunyai misi untuk mengajak bagaimana para UKM atau pemain agrobisnis sanggup berbisnis modern berbasis teknologi, yaitu Agro Bisnis 4.0," ujar Emil.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel