Cara Menciptakan Es Krim Sendiri – Resep Ice Cream Yang Sederhana Dan Tanpa Mesin

 kenapa tidak berguru cara menciptakan es krim sendiri yang sederhana dan tanpa mesin ini  Cara Membuat Es Krim Sendiri – Resep Ice Cream yang Sederhana dan Tanpa Mesin
Resep Es Krim

Penasaran dengan resep Ice Cream? Nah, kenapa tidak berguru cara menciptakan es krim sendiri yang sederhana dan tanpa mesin ini . Kalau tidak punya mesinnya jangan khawatir, bahkan kalau tak punya kulkas pun tetap kita sanggup membuatnya dengan derma es kerikil alasannya ialah memang resep kami sanggup tanpa mesin juga. Menarik bukan?
Dan yang perlu diperhatikan di sini bahwa panduan yang kami berikan sedapat mungkin dari hasil praktek sehingga hasilnya pun sanggup dibuktikan. Dengan adanya tutorial ini, maka bikin es krim lembut, tradisional dan yummy mirip Walls, Campina rasa coklat,durian, vanila, atau mau yang goreng dan lainnya pun akan semakin simpel dan simpel.

Pengertian resep es cream sendiri berdasarkan Wikipedia ialah salah satu jenis masakan beku yang dibuat dari materi susu yang mana untuk mendapat tekstur ice cream yang lembut kemudian ditambahkan sejumal materi lain di dalamnya mirip emulsifier atau pengemulasi, embel-embel berupa gula, dan juga perasa dari banyak sekali buah mirip durian, vanila, coklat, strawbery dan sebagainya.

Selain itu, hingga kini, penggunaan garam sebagai materi pembantu dalam menciptakan gabungan menjadi lebih simpel menggumpal masih terus diterapkan oleh beberapa perusahaan pembuat ice cream. Dan mengenai kategorinya, walau banyak orang memasukkan jenis masakan ini sebagai dessert atau masakan ringan, tapi di banyak tempat istilah tersebut dibatasi alasannya ialah alasan bahannya yang memakai susu dan lemak yang mengandung kalori tinggi.

Cara Membuat Es Krim Sendiri yang Sederhana Tanpa Mesin dan Lembut


Dalam sejarahnya, bahkan hingga di zaman modern ini, ada bahan-bahan yang selalu menjadi materi utama dalam resep ice cream, mirip lemak susu yang kompisisinya sanggup hingga 15%, embel-embel berupa gula antara 12-16%, stabilizer, emulsifier, carrageenan dari rumput laut, dan juga air susu maksimal 64%. Tapi sanggup jadi jikalau kita mau menggandakan kelengkapan materi tersebut tidak semua orang sanggup bikin es krim, karenanya di bawah ini disajikan pula resep sederhananya.

a. Alat


Sediakan wadah berupa panci stainless atau yang terbuat dari almunium ukuran 5 Lt.
Mixer semua jenis boleh. Kaprikornus di sini kita tidak pakai mesin khusus pembuat es krim, tapi dari alat yang biasa dibuat untuk resep camilan anggun kering.
Scoop atau alat untuk mengambil hasil buatan yang akan diletakkan di cone atau wadah piring, tapi bila tidak ada pakai sendok saja.
Cone dari wafer atau sanggup juga cup untuk es jus. Cara buatnya liat di bawah.
Alat di atas hanya saran saja dan tidak mesti harus dipenuhi alasannya ialah resep kita kali ini ialah menciptakan yang sederhana dan sanggup dipraktekkan siapa saja.

b. Bahan untuk membuat:


Terus terang, ada banyak sekali versi untuk ini, tapi kami pilihkan yang dari hasil praktek saja, tepatnya dari hasil uji coba SajianSedap.com. Alasan menentukan resepnya alasannya ialah selain webnya khusus untuk itu, juga alasannya ialah ia penggalan dari Gramedia yang notabene sanggup dipercaya untuk panduan semacam ini. Dan berikut bahannya:


  1. 250 ml santan kelapa dari setengah buah kelapa tua
  2. 250 gr talas yang telah dikukus dan dihaluskan (bisa menentukan materi lain mirip ubi jalar ungu atau biasa)
  3. 100 gr gula pasir kasar
  4. 1/2 sdt garamcara menciptakan es krim sendiri yang lembut dan sederhana
  5. 25 gr tepung maizena yang biasa dibuat camilan anggun kering
  6. 3 lembar gelatin yang direndam, kemudian diperas dan ditim hingga larut (beli di toko materi kue)
  7. 300 ml air es
  8. 150 gram cream bubuk
  9. 5 tetes pewarna sesuai rasa, mirip merah muda atau coklat
  10. 1/4 sdt esens pasta

Catatan : Banyak resep yang tidak memasukkan garam sebagai bahannya, tapi hanya pendukung untuk membekukan adonan, padahal rasa yummy dilidah sangat tergantung dari materi garam tersebut.

Dan ada juga cara menciptakan es krim sederhana sendiri yang dishare di blog lain yang menyarankan memakai kanji, padahal materi tersebut jikalau usang di tempat terbuka akan menjadi encer dan tampak mirip lendir, untuk itu hindari penggunaannya dan gunakan gelatin saja sebagai solusinya, atau tidak sama sekali jikalau mau buat yang sederhana saja.

Adapun soal ‘gelatin’ sanggup juga beli yang bentuknya bubuk, tapi pastikan yang terbuat dari lemak halal dan bukan yang haram.

Sebelum ini, baca : Cara Membuat Bolu Kukus Mekar

c. Resep Langkah Cara Membuat Ice Cream


Bahan pertama : mulai dengan kocok krim abu yang telah disediakan bersama materi mirip air es, esens pasta, dan juga pewarna merah muda hingga terlihat setengah mengembang. Selanjutnya, masukkan dalam lemari es untuk didinginkan.
Bahan kedua: Mixer talas bersama santan hingga lembut. Berikutnya, tambahkan gula pasir dan juga garam serta tepung maizena. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih tepat dan cairannya menjadi kental.
Dan sebagai pengental, masukkan larutan gelatin. Aduk hingga rata kemudian biarkan hangat.
Hasil dari materi kedua di atas dimasukkan bertahap ke dalam kocokan krim yang pertama sambil dikocok perlahan. Jika sudah, terakhir tinggal masukkan dalam freezer untuk dibekukan.
Tips: Untuk hasil yang lebih maksimal maka caranya sanggup dengan 2 kali proses pengocokan, yakni sehabis selesai dokocok untuk pertama kali dan dimasukkan dalam freezer, selanjutnya (sebelum beku sempurna) keluarkan lagi untuk dikocok sekali lagi memakai mixer. Ini tujuannya biar gabungan sanggup lebih lembut sekaligus bekunya pas dan tidak mengkristal mirip es.

Es Krim Goreng

cara menciptakan es krim goreng

Tak lengkap rasanya bila gak sharing soal pembuatan es krim goreng. Untuk itu, sedikit saya kasi gambarannya di halaman ini untuk seterusnya Anda baca di halaman berikutnya lewat tautan di bawah paragraf ini. Sebenarnya, ice cream goreng itu gak serta merta es krimnya yang digoreng, tapi sebelumnya dibungkus dulu dengan roti tawar yang kemudian dibalut dengan tepung panir atau roti yang sebelumnya dicelup dulu di cairan putih telur biar simpel menempel. Tapi terlalu panjang kalau dijelaskan di sini, mending pribadi baca saja di sini : Cara Membuat Es Krim Goreng

Resep Es Krim Walls rasa Vanilla

Kali ini resep es krim kita ialah yang rasa vanilla, dan yang lebih menarik lagi ialah alasannya ialah yang akan kita buat ialah yang mirip dan bahkan persis dengan es krim Walls maupun Campina yang populer itu, mulai dari tekstur hingga rasanya sanggup dibilang ala si Walls banget. Dan kebetulan resep ini kami peroleh dari ahlinya yang memang khusus sharing soal masakan berbahan susu ini, ya tepatnya dari infoeskrim.com. Semoga sanggup jadi rujukan ya bunda!

Bahan


  1. 150 gram Energen, tapi pilih yang rasa vanilla
  2. 150 gram Premix Es Krim ‘Manda’ rasa Vanilla
  3. 50 gram kreamer
  4. 400 ml air matang atau galon yang dingin
  5. 200 ml Susu Ultra (pilih yang sudah dingin)
  6. 3 sdm cream sanggup merek Whipped Cream Biobianca atau pun yang lainnya
  7. Sedikit garam. Usahakan pilih yang berangasan alasannya ialah efek sama hasilnya.

Cara bikin:

Awalnya, masukkan dulu Premix yang dimaksud dalam wadah yang terbuat dari stainless
Kemudian tambahkan susu Ultra yang telah didinginkan di lemari es, air es, biobianca, energen, dan juga sedikit garam.
Berikutnya kocok memakai Mixer dengan kecepatan rendah (pilih tombol paling kecil) yang waktunya kira-kira semenit saja. Dan sehabis mengembang dan tercampur rata, kemudian tambah kecepatan Mixer-nya ke angka yang paling tinggi.
Jika memakai Mixer lepas yang tidak tetap maka usahakan tangan harus aktif dengan digerakan memutar biar tercampur dengan baik dan semua gabungan jadi lembut.
Setelah dikocok antara 5 – 10 menit gabungan akan mengembang dan waktunya untuk menghentikan pengadukan, kemudian simpan dalam wadah dan masukkan dalam freezer hingga beku.
Baca juga : Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk

Tips biar es krim mengembang sempurna:

Pastikan pakai wadah yang terbuat dari logam, baik itu aluminium atau pun stainless, sebagai tempat mengaduk gabungan es krimnya. Ini alasannya ialah memakai wadah dari materi lain mensugesti kualitas pengembangan adonannya. Kecuali kalau blender yang dipakai memang sudah dari sononya memakai materi plastik, apa boleh buat!
Buat pengaduknya dalam 2 tahap kecepatan, yakni pertama gunakan kecepatan kecil dulu untuk mencampur dan selanjutnya gunakan kecepatan tinggi hingga pengocokan selesai.
Sesuaikan mesin pengaduk es krim yang dipakai dengan volume materi alasannya ialah jikalau materi yang diaduk terlalu banyak sedang hanya pakai mixer kecil biasa maka hasil kembangnya juga tidak akan maksimal.
Agar gabungan mengembang homogen maka jangan pernah lupa pakai stabilizer. Jika tidak tahu, tanya di toko materi roti dan kue, niscaya tau.
Pakai air hirau taacuh yang suhunya maksimal alasannya ialah ini juga sangat mempengaruhi.
Pastikan tidak berhenti mengocok sebelum selesai, alasannya ialah jikalau contohnya mati lampu usang kemudian dilanjut lagi maka niscaya hasilnya tidak akan mengembang sempurna.
Selain itu, jikalau diperhatikan dari semua tips di atas maka secara keseluruhan sanggup disimpulkan bahwa untuk menghasilkan ice cream yang yummy dan sanggup persis sama dengan Walls atau Campina, maka proses pengadukan sebaiknya dilakukan dua kali, yakni sebelum dimasukkan freezer dan setelahnya, sebelum dimasukkan ke freezer yang kedua kalinya.

Mesin Pembuat Es Krim:

Jika kau tidak mau repot memakai mixer pengaduk gabungan camilan anggun kering dan berpikir akan memakai mesing pembuat es krim, maka Caraspot punya banyak tumpuan soal ini, di antaranya:

1. SAT Mesin Pembuat Soft Es Krim 3 Kran AECO 1 (lihat disini)

SATMESIN mempersembahkan sebuah mesin untuk menciptakan es krim jenis Soft Ice Cream dengan keunggulannya alasannya ialah disertai dengan 3 kran yang mana dua rasa berbeda dan satu kombinasi. Adapun kapasitas mesinnya ialah untuk 2 x 6kg / jam, dengan kapasitas produksi kira-kira sanggup hingga 180 – 250 cups per jam. Dan satu lagi, mesin ini dilengkapi dengan kompressor Panasonic yang sudah masyhur kualitas mutunya.

2. Fomac Mesin Soft Es Krim 3Kran+Bubuk Es krim+Kanebo + Gratis Training (lihat produknya disni) harga mesin pembuat ice cream murah

Dengan keunggulan 18 Bulan Garansi resmi untuk pembelian produknya, menimbulkan mesin ini jadi idola. Adapun Sparepart sanggup hingga 3 bulan. Bagi yang mau mulai perjuangan kecil-kecilan ini sangat cocok untuk perjuangan di Mall dan sekolahan. Adapun compressor memakai Aspera dengan kapasitas 2 x 7 liter.

3. Fomac Paket (2) Mesin Soft Es Krim 3Kran + Mixer + Lubricant + Kanebo (kunjungi tokonya)

Garansi mesinnya hingga 1 tahun dan suku cadang 3 bulan. Cmpressor dan kapasitas sama dengan yang kedua di atas. Dengan materi stainless steel, mesin ini sanggup dibilagn serbaguna alasannya ialah sanggup juga untuk gabungan yang padat mirip untuk camilan anggun kering dan roti. Kaprikornus kalau contohnya ganti perjuangan tak persoalan alasannya ialah mesin ini sanggup tetap difungsikan. Adapun tombolnya, Spiral = untuk gabungan mirip mie, camilan anggun dan roti, Beater = untuk pastry, tepung, dan mentega, dan Whip = untuk materi masakan mirip soft ice cream dan susu segar.

Cara bikin Cone (tempat es krim berbentuk kerucut):

Asal tau saja, bekerjsama pembuatan cone (wadah berbentuk kerucut untuk menyajikan es krim) muncul secara tidak sengaja. Waktu itu, di program World’s Fair 1904, sebuah counter es krim sedang kehabisan piring yang biasa dipakai sebagai wadahnya, karenanya ia berinisiatif membeli semacam wafer yang bentuknya tipis yang berasal dari Persia yang dijual di counter sebelahnya. Dan dari sinilah karenanya cone berbentuk kerucut yang dibuat dari wafer tersebut terus dipakai hingga kini.

Bahan (untuk pembuatan dalam jumlah besar):


  1. Tepung Tapioka dan terigu masing-masing 4 Kg
  2. Gula Merah Asli yang terbuat dari aren sebanyak 2 Kg
  3. Gula Pasir berangasan 2 Kg
  4. Minyak Sayur 1 Liter
  5. Margarin 200 gram
  6. Jika ingin mengurangi volumenya, contohnya setengah atau seperempat kilogram saja, maka cukup buat perbandingannya saja, yakni 4 kg : 16 = ¼ kg, dan demikian juga yang lainnya dibagi 16 biar setara dengan ¼ kg tepungnya.


Cara Pembuatan :


  1. Pertama, awali dengan mencairkan gula pasir berangasan bersama gula merah dengan ditambah 10 liter air bersih
  2. Aduk tepung terigu dan tepung tapioca bersama dengan minyak sayur, dan juga margarin dengan menambahkan cairan gula merah secara bertahap sambil terus diaduk
  3. Setelah gabungan cone es krim rata, maka diamkan dulu selama 30 menit sebelum mulai dicetak.
  4. Selanjutnya, panaskan dulu oven cone-nya, kemudian tuang sebanyak 1 sendok sayur ke dalam cetakan.
  5. Membentuk kerucut : Setelah lempengan cone tipis matang, selagi masih panas, segera angkat dan pribadi gulung hingga membentuk mirip kerucut.
  6. Lakukan cara di atas hingga gabungan cair dari cone ice cream habis semua. Dan pastikan tidak menaruh dalam wadah tertutup hingga cone berbentuk kerucut tersebut betul-betul dingin.
  7. Jika kau tak mau repot buat conenya sendiri maka sanggup pesan lewat orang lain. Dan salah satu pembuat cone yang terbesar ialah Cone Alexa yang terletak di Muntilan, Jawa Tengah. Tepatnya, di Jagalan 347 Muntilan. Jika mau, sanggup menghubungi di nomor ini : (0293) 32520908 / 087839924380.


Baca dulu : Resep Pancake Durian

Prospek bisnisnya:

Buat kau yang sudah punya niat ingin berhasil dalam cara menciptakan es krim sendiri yang sederhana, kenapa tidak berpikir untuk menimbulkan ini sebagai peluang perjuangan sampingan rumahan yang menguntungkan, terlebih jenis masakan ini sangat cocok untuk kawasan di Indonesia yang beriklim tropis dan memang banyak dicari setiap harinya oleh semua umur.

Nah, di bawah ini beberapa pertimbangan sebelum memutuskan berbisnis ice cream:

1. Disukai semua umur

Sudah disinggung di atas bahwa es krim ialah salah satu jenis masakan berair yang banyak peminatnya, bukan cuma anak-anak, tapi orang sampaumur juga suka. Inilah salah satu diam-diam bisnis orang Cina, yakni menjual barang yang diperlukan banyak orang biar sanggup menghasilkan laba yang berlipat.

2. Sesuai untuk iklim Indonesia

Kalau di atas, soal sasaran pasarnya yang memadai, sedang kali ini soal lapangan pemasarannya yang mana memadai untuk jenis masakan dingin. Berbeda kalau jualan es krim di kutub utara, tentu gak bakalan ada yang mau beli. Sedang di Indonesia kondisnya pas banget, dimana orang yang kepanasan niscaya akan cari masakan yang dingin.

3. Buatnya cepat dan tidak ribet

Apalagi sekarang, yang bekerja hanya mesin sedang kita tinggal menjual saja. Setelah tau dosis dan jenis bahannya, tinggal nyalakan mesinnya dan tunggu hingga proses pengadukan selesai dan siap dimasukkan dalam freezer. Itupun kita masih sanggup memperkerjakan penjaga counter yang siap standby minimal 8 jam sehari. Bahkan hanya 1 karyawan saja bisnis pembuatan es krim ini sudah sanggup beroperasi.

4. Pasar penjualannya mudah

Mau jualan di Mall, pinggir jalan, kampus dan lainnya semua bisa. Apalagi di jam istirahat sekolah, akan lebih simpel lagi menghasilkan penjualan jikalau kita buat counter di depan sekolah atau kampus.

5. Tidak diperlukan keterampilan khusus

Yang dilakukan dalam cara menciptakan ice cream ini ialah hanya mesin, itu saja. Dan soal materi juga simpel sekali di dapatkan alasannya ialah cukup beli di toko materi camilan anggun sudah sanggup jalan. Dan sehabis jadi, karyawan yang dipekerjakan juga hanya butuh berguru cara memakai sendok scopnya, tak ada lagi keterampilan lain.

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan soal es krim:

Apa itu ice cream cake?

Ice cream cake atau yang biasa juga disebut dengan ice cake ialah produk turunan dari es krim sendiri. Dan di antara perusahaan yang memproduksinya ialah Campina, Bentuknya terdiri dari lapisan-lapisan es krim dengan beraneka rasa, yang mana juga diberi dari lapisan selai serta cake yang tipis rasa cokelat atau pun vanilla yang tentunya dihias dengan menarik biar mengundang selera.

Umumnya, teksturnya padat dan keras dikarenakan telah disimpan di freezer. Adapun cara menikmatinya, tak perlu harus menunggu hingga lunak. Cara memotongnya ialah dengan cara memakai pisau yang terlebih dahulu direndam dengan air panas yang cukup panas. Dengan demikian ice cake tersebut akan simpel terpotong.

Es krim Campina terbuat dari apa?

Pertanyaan di atas kami ambil pribadi dari situs resmi Campina, di sini http://www.campina.co.id/faq/. Yang mana diterangkan bahwa es krim Campina sendiri terbuat dari susu skim (susu sapi yang telah dibuang sebagian besar lemaknya), dengan materi tambahan mirip minyak nabati, gula, pengemulsi, dan bahan-bahan alami orisinil mirip durian, cokelat, kopyor, dan sebagainya). Adapun perisa atau rasa buah dari produk kimia dan juga pewarna masakan yang telah mendapat ijin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ialah hanya untuk memperkuat aroma dan rasanya.

Ini dulu Resep Cara Membuat Es Krim sendiri yang Sederhana dan Tanpa Mesin. Semoga praktek resep ice cream yang anda lakukan berhasil, lebih-lebih jikalau sanggup dijadikan sebagai salah satu peluang perjuangan bisnis sampingan rumahan yang menguntungkan sebagaimana tinjauan prospeknya di atas. Dan yang lebih penting diperhatikan di sini bahwa kuncinya ada pada proses pengadukan dan materi pengental yang digunakan, jikalau itu tepat maka hasilnya pun akan sanggup mirip es krim Walls, Campina, dan yang bermerek lainnya.

Tagged:cara menciptakan es krimresep ice cream
Sumber https://websignstudios.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel