Belajar Cara Menciptakan Toko Online Sendiri Untuk Pemula


Belajar cara menciptakan toko online sendiri untuk pemula Belajar cara menciptakan toko online sendiri untuk pemulaBelajar cara menciptakan toko online sendiri untuk pemula tidaklah sulit alasannya hanya beberapa langkah saja toko online tersebut sanggup pribadi digunakan untuk jualan apa saja, tergantung tema dan jenis barang yang Anda pilih. Mau memakai domain gratis (bukan .com) atau tidak sebetulnya tidak menjadi masalah, asalkan ranking-nya sanggup bersaing di Google. Hanya saja kalau pakai dot com cenderung terlihat lebih profesional dan sanggup menambah kepercayaan pelanggan. Kan kalau masih pakai .blogspot/blogger orang akan beranggapan bahwa penjualnya kurang serius jualan dan sanggup jadi bukan barangnya sendiri.
Melakukan bisnis online lewat jualan dari blog atau toko online kurang lebih sama dengan kalau kita menciptakan perjuangan ofline alasannya seorang pengelola blog juga harus sanggup melaksanakan promosi semoga banyak orang yang mau mengunjungi websitenya, ya sama halnya kalau buka toko di pinggir jalan, pemiliknya harus menyebar brosur dan pasang iklan dimana-mana biar banyak yang mampir di lapaknya.

Tutorial Cara Membuat Toko Online Sendiri

Pada dasarnya, jikalau seseorang ingin menciptakan toko online sendiri hanya perlu menyiapkan 3 komponen utamanya, yaitu domain, hosting dan template atau theme. Jika ketiganya sudah sanggup diketahui alur membuatnya maka Anda tak perlu lagi guru atau orang lain untuk membuatnya. Cukup praktek sendiri niscaya lambat laun akan mahir juga.
1. Pertama, sediakan Domain (nama atau alamat webmu)
Domain di sini ialah nama sekligus alamat dari toko online yang dikelola. Kalau ada yang tanya,, ‘apa toko onlinemu?” maka jawab saja, contohnya www.tokoyes.com atau sesuai dengan domain yang telah kau beli. Makara sudah terang kan apa pengertian domain?. Makara ia ialah alamat yang diketikkan orang di browser untuk membukanya atau yang ditemukan orang lewat mesin pencari google dan lainnya. Selain berfungsi sebagai alamat ia juga merk usahamu yang akan diperkenalkan pada banyak orang.

a. Membuat dari Sub Domain / Blog Gratisan

Sub berarti bukan domain utama. Makara saya contohkan ibarat ini: caraspot.com ialah domain utamanya, sedang sub domainnya ialah contohnya blog.caraspot.com. Makara bedanya kalau beliau domain utama maka tidak ada perhiasan sebelum ekstensinya (.com, .net, .info, dan sebagainya). Sedangkan kalau beliau sub domain maka sebelum alamatnya, sebelum domain utama, ada kata atau aksara sebelumnya ibarat yang dicontohkan di atas.
Umumnya jasa penyedia blog gratis menyediakan sub domainnya dan bukan alamat utamanya. Di antara yang populer ialah .blogspot.com / blogger.com dan wordpress.com. Makara kalau mau buat toko online yang gratis maka solusinya ialah cukup buat akun di salah satu yang disebutkan tersebut. Ya, tentunya sebelum itu juga harus tau cara menciptakan email gmail atau yahoo, alasannya email tersebut nantinya digunakan untuk login. Adapun alamatnya, alasannya ini sub domain, maka karenanya ibarat toko123.blogspot.com atau tokosaya.wordpress.com dan lain sebagainya, tergantung alamat yang kau pilih. Bila kau sama sekali belum tau cara bikinnya, nah silahkan mencar ilmu di sini :Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot
Jika anda bertanya, “Lho katanya mau buat toko online tapi kok malah buat blogspot?” Ya, betul. Memang awalnya kita buat dulu blog gratisan, sehabis itu gres kita ganti tampilannya persis ibarat toko online. Istilahnya ‘template’. Mengenai penjalasan soal template silahkan baca pada klarifikasi di bawah.
Kekurangan kalau pilih alamat yang gratisan ialah cenderung tampak kurang profesional alasannya semua orang tau kalau yang alamatnya ada blogspot.com atau wordpress.com nya dibentuk secara gratis. Tapi kalau bicara soal ‘apakah sanggup digunakan jualan atau tidak?’ ya terang bisa. Atau apakah sanggup bersaing di mesin pencari atau tidak?’ ya juga bisa. Karena sebenarnya, mau beliau pakai .com atau tidak tetap saja yang menetukan perjuangan dari masing-masing pemilik websitenya.

b. Toko Online .com (dot com)

Membuat toko online .com yang akan diajarkan di sini kurang lebih sama caranya dengan kalau kita buat blog di blogspot sebagaimana dijelaskan di atas.Hanya saja bedanya kalau di atas masih pakai sub domain .blogspot.com, nah di sini tidak lagi alasannya alamat gratisan tersebut akan kita rubah jadi .com. Ya, tentunya butuh sedikit biaya alasannya domain tersebut tidak gratis dan harus kita beli.
Saat ini ada banyak sekali situs penyedia domain, Anda bebas menentukan ekstensi yang disukai, baik itu .com, .net, .org, dan sebagainya. Di antara yang kami rekomendasikan adalah Rumahweb.com karena harganya lebih murah dibanding yang lain. Selain itu, kalau kau tidak tahu cara setting atau merubah blogspot jadi .com dari pihak Rumahweb juga sanggup membantu tanpa dipungut biaya sama sekali.
Jadi, ringkasnya begini, Pertama kau harus tentukan dulu nama domain yang akan kau beli, sehabis itu order di rumahweb.com (tapi sebelumnya cek dulu apakah sudah ada yang memakai nama yang kau inginkan atau belum). Setelah proses order akibat dan kau sudah melaksanakan pembayaran sekaligus konfirmasi, nah tinggal login ke akun blogger mu untuk melaksanakan pengaturan. Untuk lebih jelasnya baca :

2. Sediakan Hosting (tempat penyimpanan data) untuk Tokomu

Setelah berhasil menciptakan blog gratis dengan domain gratisan sampai merubahnya jadi dot com, maka selanjutnya yang harus dipikirkan ialah daerah menyimpan data produk dan database dari toko onlinemu. Jadi, hosting di sini ialah server atau penyimpanan data online yang sanggup dikunjungi oleh siapa saja lewat internet.

a. Toko Online Dengan Menggunakan Hosting Gratis

Hosting ini perlu diusahakan jikalau kau mau membangun toko online yang berbayar yang mana space penyimpanan datanya memerlukan biaya per bulan. Tapi berhubung alasannya ketika ini kita hanya akan membuatnya dari blogspot.com yang kemudian diubah jadi .com, jadi tidak ada biaya sama sekali untuk ini. Karena ketika kita berhasil menciptakan blog gratis di sana maka itu artinya kita juga sudah sanggup hosting atau akomodasi penyimpanan file gratis.
Jika kau merasa butuh daerah penyimpanan data online yang berbeda maka tak problem alasannya kini ini banyak sekali yang menyediakan layanan sejenis dimana selain menciptakan blog gratis kita juga sanggup pribadi sanggup space hotingnya. Mengenai ini sudah kami bahas tuntas di sana :

b. Pakai Hosting Berbayar

Lain halnya jikalau kau menentukan menciptakan toko online berbayar yang lebih profesional, maka itu artinya kau harus menyediakan dana untuk biaya per bulannya. Profesional maksudnya kau tidak lagi terikat dengan kebijakan penyedia blog gratis, sebagai pola Google Inc. Selaku pemilik blogspot yang penulis ketahui terkadang secara sepihak menghapus blog yang dianggap melanggar kebijakan mereka. Dan biasanya juga itu dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Bayangkan kalau toko onlinemu yang sudah punya ribuan pengunjung dihapus alasannya alasan tak jelas,kan sanggup rugi besar?
Model toko online berbayar yang banyak dipilih ketika ini ialah yang memakai CMS WordPress. CMS ialah singkatan dari Content Management System. Bentuknya hampir sama kalau buat blog gratis di WordPress.com, hanya saja kalau yang ini kita usahakan sendiri hosting atau penempatan filenya dan tampilan WordPress nya kita install sendiri di dalamnya. Adapun kelebihan memakai cara ini ialah alasannya kita tak lagi terikat dengan hukum penyedia blog gratisan dan bebas mengisi jenis produk apa saja di dalamnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan lengkapnya di : Cara Beli Hosting di Niagahoster

3. Ganti dan Atur Template / Theme (tampilan toko onlinemu)

Istilah Template digunakan untuk pengguna Blogspot sedangkan Theme untuk blog WordPress. Makara keduanya fungsinya sama, yakni sebagai skin atau tampilan dari toko online yang kita buat. Makara ketika ada orang yang mengunjungi webmu dan melihat bentuknya maka itulah yang namanya theme atau template, demkian juga pada ketika membukan halaman artikel atau produknya, maka fungsi theme di sini ialah sebagai penataan desain dan bentuk dari toko online tersebut.

a. Template Gratis

Enaknya bikin blog atau toko online lewat blogspot ialah alasannya yang menyediakan template-nya secara gratis banyak sekali dan pilihannya juga bermacam-macam dan keren-keren. Adapun cara mendapatkannya ialah dengan mengunjungi situs penyedianya kemudian download desain yang kau sukai. Setelah itu login di blogspotmu dan upload di sana dan secara ototmatis tampilannya akan sesuai dengan pola yang kau lihat, terkadang butuh sedikit perjuangan untuk menata menunya dan juga beberapa link dan dialamnya, tapi mengenai itu anda hanya perlu baca artikel dari banyak sekali blog niscaya sudah bisa. Tapi kalau mau lebih simple dan tidak usah cari artikelnya di blog lain, silahkan baca : Cara Mengganti Template Blog

b. Template Premium

Bedanya dengan template gratis ialah dari segi tampilan dan sistemnya. Kalau kau menentukan yang premium berarti harus merogoh kocek untuk mendapatkannya, tapi pastinya kita puas dengan tampilannya. Selain itu sistem yang dibentuk di dalamnya jauh lebih lengkap sehingga sangat membantu perjuangan kita. Dan bagusnya lagi, umumnya penyedianya selalu melaksanakan update pada scriptnya sehingga bila ada programnya yang sudah jadul akan diperbaiki dan anda akan menerima versi terbarunya secara berkala.
Cara semoga Toko Online Banyak Pengunjungnya
Ada dua cara untuk sanggup menciptakan toko online yang ramai pengunjung, yaitu dengan iklan dan juara di google. Kalau yang pertama mungkin banyak yang tidak memilihnya alasannya sudah niscaya butuh dana besar. Nah, kalau yang kedua niscaya semua mau alasannya gratisi. Selain fungsinya sama dengan kalau pasang iklan, juga sanggup bertahan dalam waktu lama, yang penting sudah dioptimasi dengan baik. Cara kedua yang kami maksud ialah dengan menerapkan teknik SEO yang handal. SEO artinya meningkatkan secara optimal blog untuk mesin pencari semoga gampang masuk halaman pertama alasannya di ambil dari bahasa Inggris yang artinya Search Engine Optimization.
Alternatif Penghasilan dan Bisnis Sampingan dalam Mengelola Bisnis Online
Tuntas sudah tutorial cara menciptakan toko online sendiri yang gratis dan berbayar. Bisa tidaknya Anda mengikutinya tergantung pada seberapa bersemangat Anda untuk sanggup punya bisnis online. Dan sehabis itu pun Anda tidak akan pribadi sukses menghasilkan penjualan, ada beberapa tahap lagi yang harus dilakukan, mulai dari mengotak-atik blogmu sampai tampilannya betul-betul keren dan menarik, mengisinya dengan produk murah dan bersaing sampai mengusahakannya semoga sanggup juara dan masuk halaman pertama Google, dan kalau perlu jadilah yang rangkin 1 semoga trafiknya semakin banyak alasannya banyak trafik itu artinya juga banyak pengunjung, dan banyak pengunjung maka akan bersar kemungkinannya juga menghasilkan banyak penjualan.

Sumber https://websignstudios.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel