Gunung Merapi 2 Kali Gugurkan Awan Panas Pagi Ini

Gunung Merapi 2 Kali Gugurkan Awan Panas Pagi IniGunung Merapi dari obyek wisata Klangon, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, (27/1/2019). Foto: Bagus Kurniawan/detikcom

Yogyakarta -Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat sudah dua kali terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi pagi ini. Jarak luncurnya masing-masing 1 kilometer.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, menjelaskan awan panas guguran pertama terjadi sekitar pukul 04.24 WIB. Awan panas gugurannya berdurasi 108 detik dengan mengarah ke hulu Kali Gendol.

"Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi pada tanggal 25/3/2019 pukul 04.24 WIB dengan durasi 108 detik, jarak luncur 1.000 meter," terperinci Hanik dalam keterangannya, Senin (25/3/2019).

Beberapa dikala setelahnya, Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran pada pukul 06.17 WIB. Durasinya semakin pendek hanya 104 detik, tapi jarak luncurnya tetap 1 kilometer.

"Pukul 06.17 WIB (terjadi awan panas guguran) dengan durasi 104 detik, jarak luncur 1.000 meter ke arah Hulu Kali Gendol," ungkapnya.

Meski sudah terjadi beberapa kali terjadi awan panas guguran, Hanik menegaskan status Gunung Merapi belum berubah, masih waspada. Rekomendasi yang dikeluarkan BPPTKG juga tetap sama.

"Rekomendasi kami tetap sama, radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi biar dikosongkan dari acara penduduk. Pendakian untuk sementara tidak direkomendasikan," tutupnya.

Sumber detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel